SOLOPOS.COM - Ilustrasi permakaman. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sebagian manusia pasti takut akan kematian. Apakah Anda termasuk manusia yang takut mati?

Tahukah Anda mengapa manusia takut mati? Djoko Ismanu Herlambang atau yang akrab disapa Ustaz Dhanu menjelaskan hampir semua orang sebenarnya takut mati. Menurutnya, sereka gelisah membayangkan kematian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Okezone, Rabu (8/1/2020), Ustaz Dhanu menuturkan ketakutan hingga kecemasan datangnya kematian yang dirasa selama ini memang cukup menganggu. Namun, manusia yang beriman tentunya tak akan merisaukan akan hadirnya kematian.

Salah satunya cara untuk menghilangkan kekhawatiran atau takut mati adalah dengan rutin membaca Alquran.

“Nah bagi orang-orang tertentu kecemasan itu tetap masih ada. Kecemasan yang ada inilah yang harus kita bantu untuk menyelesaikan. Karena kalau membaca Alquran hati kita tenang, itu bagi yang normal-normal seperti kita. Tidak ada persoalan, Insya Allah tenang,” ujarnya.

Baca Juga: Dor! 2 Bocah Ditembak Usai Iseng Lempari Mobil Pakai Bola Salju

Ia melanjutkan rasa cemas dan takut mati sejatinya berasal dari makhluk yang bersemayam dalam diri manusia. Makhluk itu mengikuti sifat manusia, kemudian menguasai hati dan pikiran serta menimbulkan perasaan tidak nyaman.

“Cuma orang-orang tertentu, tidak semua orang itu cemas. Ada dalam hati takut mati. Nah sebenarnya ada orang yang dia takut mati, tidak bisa menerjemahkan, ada orang yang takut mati yang omong di sini [hati]. Ada bisikan di dadanya, ada bisikan di kepalanya,” katanya.

Makhluk yang disebutkan itu memang tidak bisa dideskripsikan. Namun menurutnya, itu semua adalah kehendak Allah, termasuk hidup dan matinya seseorang.

Baca Juga: Obral Kayu Jati Di Semanggi Solo, Balita Terancam 7 Tahun Penjara

“Jadi makhluk tersebut masuk ke dalam tubuh atas izin Allah. Sehingga senantiasa membisikkan kamu akan mati besok, agar dia sadar. Siapa yang menyelesaikannya? Wallahua’lam,” pungkas sang ustaz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya