Kenapa Lailatuqadar Disebut Malam 1.000 Bulan

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Malam seribu bulan atau dikenal dengan istilah Lailatul Qadar adalah momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan. Di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.

Alquran surat Ad Dukhan ayat 3-6 menceritakan saat Lailatul Qadar Alquran kali pertama diturunkan. Sedangkan, pernyataan bahwa Lailatul Qadar setara dengan malam seribu bulan muncul di Alquran surat Al Qadar.

Penjelasan ringkas tentang malam seribu bulan ini dapat ditemukan dalam berbagai buku Islam. Wikipedia menjelaskan Lailatul Qadara  adalah satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan, yang dalam Alquran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran.

Keistimewaan Lailatul Qadar dijelaskan dalam Alquran surat Al-Qadar.

Quraish Shihab dalam bukunya Wawasan Al Qur’an mengatakan Lailatul Qadar memiliki tiga arti. Quraish Sihab mengambarkan pengertian pertama dengan uraian bahwa Lailatul Qadar adalah penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia.

“Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami,” demikian dikutip dari buku Wawasan Al Qur’an, Kamis (2/7/2015).

Pengertian kedua adalah kemuliaan. “Malam tersebut adalah malam mulia tiada bandingnya. Ia mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al-Quran.”

suratyang berbicara tentang kaum musyri; Mereka itu tidak memuliakan Allah dengan kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada masyarakat.

Pengertian ketiga adalah Sempit. Malam tersebut adalah malam yang sempit, karena banyaknya malaikat yang turun ke bumi, seperti yang ditegaskan dalam surat Al-Qadr. Penggunaan Qadar untuk melambangkan kesempitan dapat dijumpai pada surat Ar-Ra’d ayat 26.

“Lailatul Qadar dapat juga kita artikan sebagai malam pelimpahan keutamaan yang dijanjikan oleh Allah kepada umat islam yang berkehendak untuk mendapatkan bagian dari pelimpahan keutamaan itu. Keutamaan ini berdasarkan nilai Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan,” demikian Quraish Shihab menutup uraiannya tentang Lailatul Qadar.


Berita Terkait

Berita Terkini

Rachel Vennya Segera Diperiksa Polisi

Bukan hanya Rachel Vennya, melainkan manajer dan kekasihnya juga ikut diperiksa polisi.

Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

Pada gim pembuka, Anthony Ginting tidak nyaman sehingga dari awal ia terus tertinggal dalam perolehan skor.

Yan Bastian Salah Satu Penentu Produk di Indomaret

Marketing Director PT Indomarco Prismatama Wiwiek Yusuf mengatakan berpulangnya Yan Bastian membawa duka mendalam bagi keluarga besar Indomaret.

167 Desa Sukoharjo Berstatus Kampung KB, Pemdes Diminta Bantu Pendanaan

Pemkab Sukoharjo mendorong pemerintah desa agar membantu pendanaan program-program kampung KB yang sudah dicanangkan di seluruh desa.

Sepulang dari "Dunia Lain" Gunung Guntur, Gibran Jadi Pemarah

Ade Leji mengaku ia menemukan Gibran di Curug Cikoneng, Gunung Guntur setelah dirinya menancapkan paku di tempat tersebut.

Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

Tata laksana rawat pasien stroke di rumah memang tidak mudah, namun jangan menyerah.

Menikah, Harta Putri Bill Gates Ternyata Hanya Segini

Pada tahun 2017 lalu, Bill Gates mengumumkan masing-masing dari ketiga anaknya yakni Jennifer, Phoebe dan Rory hanya akan menerima US$10 juta.

Bisa Ditumpangi 8 Orang, Segini Tarif Naik Mobil Listrik Wisata Solo

Dinas Perhubungan Kota Solo telah menetapkan tarif naik mobil listrik wisata bergaya ala taksi kuno yang segera beroperasi melayani wisatawan.

Tukul Arwana Pulang ke Rumah Bertepatan Hari Ulang Tahunnya

Saat pulang ke rumah, Tukul Arwana disambut hangat oleh keluarganya.

Puluhan Rumah di Madiun Rusak Diterjang Angin Kencang

Rumah yang rusak akibat angin kencang ini paling banyak ada di Kelurahan Wungu, Kecamatan Wungu

Senin, 2 Puskesmas di Sukoharjo Layani Vaksin Dosis I Pfizer & Moderna

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo membuka layanan vaksin dosis pertama Pfizer dan Moderna di dua puskesmas pada Senin (18/10/2021).

Ditinggal Jalani Rehabilitasi, Jennifer Jill Kehilangan 25 Tas Mewah

Gara-gara kehilangan 25 tas mewah itu Jennifer Jill pun mengevaluasi diri sendiri dan berpikir rumahnya terlalu bebas.

Sragen Hari Ini: 17 Oktober 2015, Wanita Tanon Dibunuh Pacar Sendiri

Enam tahun lalu, seorang wanita asal Tanon meninggal dunia setelah ditusuk berkali-kali oleh pacarnya sendiri.

Dishub Solo Belum Dapat Nama untuk Mobil Listrik Wisata, Punya Usul?

Dinas Perhubungan Kota Solo masih mencari nama yang tepat untuk kendaraan mobil listrik wisata bantuan dari Tahir Foundation.

Karyawan Gigih, Yan Bastian Gabung Indomaret Sejak 1988

Bos Indomaret Yan Bastian bersama keluarganya menjadi korban kecelakaan saat dalam perjalanan kembali dari bepergian ke Jakarta.

Sempat Mendunia, Inilah Daftar 12 Pabrik Gula yang Hilang di Soloraya

Dari 16 pabrik gula yang pernah berdiri di Soloraya, saat ini hanya tersisa empat. Sisanya, 12 pabrik gula sudah hilang.