SOLOPOS.COM - Ilustrasi mendengarkan musik. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Pernahkah Anda tiba-tiba menyanyikan lagu tanpa sadar? Lalu, apakah Anda pernah tidak sengaja mendengar suatu lagu yang seolah tidak mau hilang dari kepala? Tahukah Anda kenapa hal itu terjadi?

Terngiang lagu atau syair tertentu yang bahkan sangat melekat di otak dalam kondisi tidak sadar biasa disebut dengan istilah earworms alias cacing telinga. Fenomena seperti ini dialami banyak orang, apalagi saat ada lagu hits yang viral.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Okezone, Kamis (26/9/2019), earworms lebih mudah terjadi jika seseorang terus-menerus mendengar lagu tersebut. Dengan demikian, earworms bisa disebut sebagai ingatan spontan tentang hal yang berkeliaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Earworms biasanya terjadi akibat terperangkapnya stimulus (dalam hal ini syair atau irama lagu) di dalam otak yang dimainkan secara berulang di luar kesadaran. Sekilas fenomena ini terlihat seperti gangguan pikiran lantaran terjadi di luar kendali.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Phychology of Music menujukkan fenomena earworms adalah hal yang wajar. Hampir 91 persen orang mengalaminya setiap pekan. Fenomena ini biasanya bertahan sekitar 30 menit.

Dikutip dari Science Friday, peneliti dari University of Arkansas, Inggris, Elizabeth Margulis, mengatakan, earworms disebabkan adanya reaksi otak secara refleks, tepatnya di area korteks motorik. Otak tanpa sadar menghafal lagu tertentu yang membuat Anda terngiang-ngiang.

Adapun jenis lagu yang menyebabkan earworms biasanya memiliki lirik sederhana dengan tempo cepat. Lagu itu bisa jadi memuat irama yang menyenangkan. Sehingga sangat nyaman didengarkan dan diterima otak.

Earworms semakin mudah terjadi apabila Anda sering mendengar lagu yang sama berulang kali. Namun, kondisi ini bisa dihilangkan dengan cara memaksa otak berpikir keras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya