SOLOPOS.COM - Komodo (Reuters).

Solopos.com, SOLO -- Pernahkah Anda berpikir kenapa hewan endemik komodo cuma ada di Indonesia?

Seperti yang diketahui, spesies kadal komodo ini merupakan satwa asli Indonesia dan hanya ada di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motong, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Ilmuwan Temukan Organ Baru di Tubuh Manusia, Ini Wujudnya

Hewan satu ini termasuk predator yang mampu mengendus mangsanya dari jarak sembilan kilometer. Di balik keganasannya itu, ternyata komodo merupakan hewan rumahan alias homebodies.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagaimana studi yang terbit di Prosiding Royal Society B, komodo memang salah satu hewan yang enggan untuk menjelajah daerah lain. Apalagi komodo juga tipe hewan yang tak mau ambil risiko sehingga mereka akan menetap di tanah kelahirannya sepanjang hidupnya.

Benarkah Sperma Bisa Bikin Jerawat Hilang?

Taman Nasional Komodo. (Instagram/tamannasionalkomodo)

Dilansir situs Goodnewsfromindonesia.id, karena itulah komodo akan merasa lebih aman dan nyaman berada di rumahnya di empat pulau tersebut.

Selain alasan tersebut, kenapa komodo cuma ada di Indonesia juga dikarenakan hewan satu ini ternyata tak banyak bergerak jauh.

Kenali Tanda Cacing Masuk ke Kulit, Seperti yang Dialami Anak Anji

Padahal mereka mempunyai kekuatan yang cukup kuat, yaitu kemampuan berlari hingga 20 kilometer per jam.

"Begitu mereka menjajah sebuah pulau, terlepas dari kemampuan luar biasa penyebaran jarak jauh yang dimilikinya, mereka memutuskan itu sudah cukup [untuk tidak menjelajah lagi]," ungkap Guru Besar di Deankins University, Australia, Tim Jessop.

Pilihan Obat Alami Sakit Gigi yang Mudah Didapatkan di Rumah

Pertama Kali Ditemukan 1910

Berdasarkan informasi yang tayang di Antara, komodo pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah asal Belanda, JKH Van Styen pada 1910 di Pulau Komodo.

Ia pun menyebarluaskan penemuan langka ini ke seluruh dunia dan terdengar pula oleh Direktur Museum Zoologi Bogor, PA Owens, kala itu.

Ini Dia Metode 20-20-20, Rahasia Jaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

PA Owens kemudian menuliskannya dalam jurnal ilmiah berjudul On a Large Varanus Species from an Island of Komodo.

Terdapat sebuah penelitian lagi yang menyebutkan perkembangan evolusi komodo sudah dimulai sejak 40 juta tahu lalu yang bermigrasi ke Australia dari Asia.

Ada Mitos Kerajaan Gaib di Waduk Kedung Ombo Sragen, Percaya Lur?

Tetapi, karena Australia dan Asia Tenggara 15 juta tahun yang lalu mengalami perpecahan, komodo lebih memilih untuk kembali ke habitatnya yang ada di Flores, NTT.

Sebagai informasi, hingga 2017 jumlah populasi komodo di Taman Nasional Komodo mencapai 2.762 ekor yang tersebar di lima pulau dan paling banyak ada di Pulau Rinca sebanayak 1.410.

5 Tempat Terpanas di Bumi, Ada yang Capai 56 Derajat Celcius

Bikin Pangling! Ini Potret Kekeyi yang Tampil Bak Putri Jasmine

Cara Memuaskan Suami Saat Haid, Mana yang Paling Seru?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya