SOLOPOS.COM - Petugas berada di samping kereta api yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024). Anjloknya KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember tersebut belum diketahui penyebabnya. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/foc.

Solopos.com, SOLO – Meskipun rel kereta api (KA) punya ukuran yang sesuai dengan rodanya, namun nyatanya moda transportasi darat ini masih bisa anjlok. Berikut ini penjelasan kenapa kereta bisa anjlok atau keluar jalur.

Seperti diberitakan, KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo pada Minggu (14/1/2024), pukul 07.57 WIB.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Sementara itu, PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya memastikan proses evakuasi sarana lokomotif dan KA Pandalungan yang mengalami anjlok telah selesai dilakukan pada Senin (15/1/2024) pukul 00.22 WIB dan sudah dapat dilintasi KA.

Pada sisi lain, evaluasi dan penyelidikan tentang penyebab anjloknya KA tersebut masih dilakukan.

Terlepas dari upaya yang sedang dilakukan oleh pihak-pihak terkait peristiwa itu, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab kenapa kenapa kereta bisa anjlok.

Dikutip dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat melalui akun Instagram @dishubjabar, kereta api anjlok adalah sebutan untuk kereta yang keluar dari rel. Dampak dari kereta anjlok ini menyebabkan gangguan dalam pengoperasian KA dan membahayakan keselamatan manusia.

 

Penyebab Kereta Api Anjlok

Di postingan Instagram tersebut juga dijelaskan mengenai penyebab kenapa kenapa kereta bisa anjlok.

 

1. Kerusakan pada komponen rel seperti rel yang rusak atau melebar.

2. Keausan pada roda atau kerusakan pada rel yang melebihi batas.

3. Pengoperasian kereta yang tidak tepat atau kesalahan sinyal.

4. Adanya kecepatan kereta yang berlebihan atau pergeseran rel, ini terjadi karena interaksi antara rel dan kereta.

5. Rel terlepas atau jalur menanjak karena adanya penggunaan roda atau rel yang berlebihan.

6. Pengereman mendadak.

Demikian penjelasan tentang kemungkinan kenapa kereta bisa anljok.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya