SOLOPOS.COM - Ilustrasi bonsai. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Bonsai adalah tanaman hias yang banyak digemari. Tanaman ini identik dengan budaya China dan Jepang. Lantas, kenapa bonsai harganya mahal?

Dikutip dari laman resmi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Selasa (19/4/2022), bonsai bukan sekadar tanaman hias, melainkan karya seni yang berpadu dengan ilmu botani. Memelihara bonsai dapat menghasilkan uang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Komunitas Bonsai Boyolali, Sindu Budoyo, 43, mengatakan pohon bonsai bisa dijual dengan harga fantastis karena pohon bonsai dirawat dengan jangka waktu lama.

Baca juga: Bonsai Seno Gede Seharga Rp75 Juta Legend, Ini Keistimewaannya

“Proses pembuatan pohon bonsai lama dan tingkat kesulitan tinggi membuat harga bonsai mahal. Satu bonsai yang sudah jadi dan matang bisa memakan waktu puluhan tahun,” ungkap Sindu kepada Solopos.com, Minggu (17/4/2022).

Dikutip dari laman Gramedia.com, bonsai adalah tanaman hias yang berharga mahal. Tidak sembarang orang dapat merawatnya. Bonsai biasanya dibanderol mulai Rp10 juta.

Mahal tidaknya harga bonsai bergantung pada besar kecilnya batang pohon yang ditanam. Selain itu hal yang membuatnya mahal adalah keserasian dan keseimbangan tanaman dengan media pot.

Baca juga: Wow! 4 Tanaman Hias Karanganyar Ini Ditukar dengan 1 Unit Honda Jazz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya