Kenalkan Potensi Daerah ke Pengunjung Festival, Kopi Wonogiri Dibagikan Gratis

Sebanyak 1.000 cup kopi dibagikan gratis ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022) malam.

 Ketua Komunitas Kopi Wonogiri, Feri (kiri) saat menyeduh kopi untuk dibagikan ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

SOLOPOS.COM - Ketua Komunitas Kopi Wonogiri, Feri (kiri) saat menyeduh kopi untuk dibagikan ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 1.000 cup kopi dibagikan gratis ke pengunjung Festival Kopi dan Batik di Alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Sabtu (1/10/2022) malam. Pembagian kopi hasil panen petani lokal itu bertujuan mengenalkan cita rasa kopi asli Wonogiri kepada pengunjung festival.

Acara bagi-bagi kopi itu terselenggara atas kerja sama Komunitas Kopi Wonogiri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri. Malam itu, kopi yang disajikan gratis terdiri dari dua jenis, yakni robusta dan arabika.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Total kopi yang dibagikan seberat 10 kg. Sebelum dibagikan secara gratis, kopi jenis robusta dan arabika dihaluskan dan diseduh terlebih dahulu. Kopi disajikan di cup yang dapat menampung 12 ml.

Ketua Komunitas Kopi Wonogiri, Feri, mengatakan kopi robusta dan arabika diambil langsung dari petani kopi Wonogiri yang tersebar di sejumlah kecamatan. Adapun jenis kopi itu dipilih karena menjadi produk yang paling banyak ditanami petani kopi Wonogiri.

“Mulai dari petani kopi di Girimarto, Jatiroto, Bulukerto, dan lain-lain. Kami beli hasil panen kopi mereka secara pukul rata. Campur-campur, biar semua petani kebagian,” ungkapnya kepada Solopos.com, Sabtu malam.

Baca Juga: Ada Festival Kopi dan Batik, Car Free Sunday di Wonogiri Jalan Terus

Feri menjelaskan, ada dua segi perbedaan antara kopi robusta dan arabika yang disajikan ke pengunjung malam itu. Dari segi bentuk, kopi robusta berukuran besar dan bulat. Sebaliknya, kopi arabika lebih kecil, berbentuk oval dan cenderung gepeng. Sedangkan dari segi rasa, robusta cenderung pahit sementara arabika memiliki rasa asam dan manis.

Cup sebanyak 1.000 yang diisi kopi untuk dibagikan ke pengunjung festival itu disediakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Wonogiri. Kolaborasi antara Komunitas Kopi Wonogiri dan Dinas KUKM Perindag Wonogiri itu ditujukan merayakan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap 1 Oktober.

Kepala Dinas KUKM Perindag Wonogiri, Wahyu Widayati, mengatakan pembagian 1.000 cup kopi secara gratis itu diharapkan menjadi momen supaya kopi asli Wonogiri dikenal masyarakat luas. Ia ingin acara semacam itu dapat menjadi pemicu supaya masyarakat menggemari kopi lokal saat membeli kopi di kedai-kedai kopi.

Baca Juga: Sentra Kopi di Wonogiri Ternyata Ada di 8 Kecamatan, Ini Daftarnya

Potensi kopi di Kabupaten Wonogiri berada di delapan kecamatan. Hal itu meliputi Kecamatan Girimarto, Jatipurno, Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem, Jatiroto, Karangtengah, dan Tirtomoyo. Selain itu, terdapat 41 kafe kopi yang tersebar di sejumlah daerah di Wonogiri.

“Dari potensi itu, produktivitas pertanian kopi di Wonogiri lumayan banyak. Harapannya, ketika ada kegiatan seperti ini [Festival Kopi dan Batik], pemilik kafe dapat menambahkan kopi Wonogiri dalam menunya dan masyarakat memilih kopi Wonogiri. Biar varietas kopi di Wonogiri juga berkembang lebih banyak nantinya,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022, Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda simak di sini.