Kenalkan Perbendaharaan Negara, KPPN Klaten Sambangi Sekolah

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KLATEN – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Klaten menggelar kegiatan bertajuk Perbendaharaan Menyapa. Kegiatan itu dimaksudkan untuk mengenalkan perbendaharaan negara sejak dini.

Kegiatan tersebut digelar rutin saban tahun. Pada 2019, sosialisasi itu digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Klaten, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Selasa (19/2/2019) siang.

Kegiatan diikuti ratusan siswa dengan pemateri Kepala KPPN Klaten, Yoyok Yulianto. Dalam materi sosialisasi, Yoyok menjelaskan struktur organisasi hingga fungsi KPPN sebagai kepanjangan tangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Selain itu, Yoyok memaparkan tentang perekonomian dunia dan domestik serta penjelasan APBN hingga keuangan negara saat ini.

Materi yang disampaikan mendapat tanggapan dari berbagai siswa. Sejumlah siswa menanyakan proses pencairan anggaran dari negara hingga ke daerah. Ada pula yang mempertanyakan soal perang dagang Amerika Serikat dan China yang berdampak pada utang luar negeri Indonesia.

“Di APBN memang sudah disediakan rencana membayar utang. Maka, pemerintah tetap membayar utang meski dampak dari perang dagang membuat nilai tukar rupiah melemah. Pemerintah tidak mau berutang,” jelas Yoyok menjawab pertanyaan salah satu siswa.

Ditemui Solopos.com sebelum sosialisasi, Yoyok menjelaskan kegiatan digelar untuk memahamkan masyarakat terutama para pelajar agar lebih mengetahui tentang APBN. Pengetahuan itu diperlukan agar mereka lebih peduli kondisi keuangan negara hingga ikut mengawasi pelaksanaannya.

“Dari sosialisasi ini kami harapkan dari para siswa termotivasi untuk belajar mengetahui seperti apa APBN dan ditularkan ke lingkungan sekitar mereka. Pemahaman tentang pengelolaan keuangan negara ini penting agar mereka bisa ikut mengawasi pelaksanaannya dan tidak terpengaruh oleh informasi-informasi yang menyesatkan tentang keuangan negara,” kata Yoyok.

Ia mencontohkan keuangan APBN yang ada di sekitar masyarakat seperti gelontoran dana desa. Di Klaten, dana desa digelontorkan di 391 desa. Tahun ini, gelontoran dana desa yang diterima setiap desa rata-rata lebih dari Rp900 juta. “Penggunaannya perlu disertai pengawasan dari masyarakat agar tepat sasaran dan benar-benar untuk pembangunan di desa,” ungkap Yoyok.

Ia tak menampik materi tentang keuangan tak terlalu menarik bagi para pelajar. Lantaran hal itu, KPPN Klaten menyambangi sekolah selain menyosialisasikan pengetahuan keuangan negara melalui berbagai media.

Kepala MAN 1 Klaten, Muhadi, mengatakan sosialisasi tentang keuangan negara itu baru kali pertama digelar di MAN Klaten. “Kalau paham tentang keuangan negara, saya harapkan siswa bisa ikut mengontrol penggunaan dana desa yang nilainya besar,” tutur dia.

Salah satu siswa, Nur Fitriani, 18, mengatakan selama ini tak mengetahui secara persis tentang APBN. “Isinya APBN seperti apa saya juga belum tahun. Selain itu, saya sendiri juga belum mengetahui tentang utang negara itu seperti apa,” jelas siswa kelas XII IPA 2 tersebut.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB

Pencemaran Bengawan Solo, Pelaku Ngaku Buang Ribuan Liter Limbah Ciu Ke Sungai Samin Setiap Hari

Polres Sukoharjo menggelar perkara kasus buang limbah ciu yang mencemari Sungai Bengawan Solo dengan peragaan oleh dua pelaku.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargosari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Upaya Penyisiran Lokasi Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Cilacap

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV menyebabkan dua orang meninggal

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.