SOLOPOS.COM - Anak-anak diajak mengenali biota laut di Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, Minggu (24/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/Koper Mandiri/Katamata)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pengenalan lingkungan coba dilakukan sejak dini oleh Koper Mandiri yang difasilitasi Katamata Adventure. Puluhan anak-anak diajak untuk mengenal lingkungan laut dan karst sejak dini.

Trainer dari Katamata Adventure Edi Dwi Atmaja mengatakan kegiatan diikuti sekitar 80 anak homeschooling beserta orang tua mereka. Kegiatan digelar di Pantai Siung, Purwodadi, Tepus, dari Sabtu siang hingga Minggu (24/8/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tujuannya agar anak-anak sejak dini mengenali lingkungan mereka. Harapannya mereka bisa melindungi kelestarian lingkungan,” ujar dia, Minggu (24/8/2014).

Anak-anak diajak mengenali beberapa jenis biota laut seperti bintang mengular, ubur-ubur, landak laut, hermit crab atau kelomang, sidat laut, siput tanpa cangkang serta berbagai jenis alga atau rumput laut. Untuk pengenalan karst, anak-anak diajak field trip dan melihat langsung fenomena karst.

Lingkungan laut serta karst dipilih menjadi materi edukasi lantaran kelestarian lingkungan laut dan karst mulai terancam sehingga perlu dijaga.

“Anak-anak sebagai generasi penerus sangat diharapkan bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan,” imbuh dia.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan yakni pengenalan biota, permainan dengan tema 17 Agustus-an, api unggung dan pentas seni dengan menanyi dan bermain drama. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan lingkungan karst pada Minggu pagi dan membuat beach art atau membuat karya bertema pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya