SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Dua anak asal Jawa Tengah, Muhammad Ghozali Akbar dan Kamil Ramadhan, membuat masyarakat Indonesia bangga sekaligus terharu. Kedua bocah tersebut baru saja menunjukkan kemampuan menghafal Alquran di depan publik Moskow, Rusia, 19th Moscow International Quran Reciting Competition, pertengahan Oktober 2018 lalu.

Mohammd Ghozali Akbar merupakan seorang bocah berusia 10 tahun asal Desa Sidakaton, Dukutuhtari, Tegal, Jawa Tengah. Dia merupakan seorang santri dari Pesantren De Muttaqin, Jogjakarta, yang sukses menghafal Alquran dalam waktu 8,5 bulan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam talkshow Hitam Putih, Selasa (20/11/2018), Muhammad Ghozali Akbar mulai menghafal Alquran setelah ayahnya meninggal. Tak hanya ayat suci Alquran, dia juga telah menghafal lebih dari 900 hadis.

Di usianya yang masih sangat muda, prestasi bocah yang pernah menjadi juara pertama Hafiz Indonesia 2017 itu membuat keluarganya bangga. Betapa tidak, Muhammad Ghozali Akbar telah menorehkan segudang prestasi gemilang dengan kemampuannya menghafal Alquran.

Sementara Kamil Ramadhan Muhammad Abduh,11, yang berasal dari Desa Kajoran, Rejosari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, mampu menghafal Alquran dalam waktu yang lebih cepat, yakni sekitar 6,5 bulan. Bukan hanya ayatnya saja, Kamil dan Akbar mampu menghafal nomor dan nama surat, nomor ayat, nomor halaman, bahkan urutan baris yang dibacanya.

Ketua Yayasan Pesantren De Muttaqin, Ike Muttaqin, mengatakan, prestasi Kamil dan Akbar memang sangat luar biasa. Kedua bocah itu merupakan santri tertua di pesantren tersebut. Adapun kunci sukses mendidik anak-anak untuk menghafal Alquran adalah ketulusan hati.

“Kuncinya adalah ketulusan dan kesungguhan dalam mendidik. Biasanya paling lama anak-anak menghafal Alquran selama tiga tahun,” kata Ike Muttaqin.

Prestasi Kamil dan Akbar itu pun membuat warganet terinspirasi. Apalagi saat ini sekolah khusus untuk menghafal Alquran telah menjamur di Indonesia. “Masyaallah, nangis sendiri nonton ade2 ini,” komentar @v3_163.

“Merinding, masyaallah. Nonton di TV aja terharu. Gimana kalau lihat langsung,” imbuh @food_lover80.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya