ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Jumat (4/10/2019), memperkenalkan program aplikasi mencari informasi dengan mudah yang disingkat Asminah.

Aplikasi mencari informasi dengan mudah atau Asminah itu berbasis whatsapp (WA). Setiap orang dapat mengakses aplikasi itu melalui nomor WA 08112956778. Asminah memberikan informasi tentang semua jenis pelayanan di PN Karanganyar.

Misalnya mengecek perkembangan perkara, jadwal sidang, syarat persetujuan penyitaan, permohonan ganti nama, dan lain-lain. Asminah menyerupai virtual assistants yang dapat menjawab pertanyaan masyarakat selama 24 jam.

PN Karanganyar memberi nama program menggunakan nama mantan Ketua PN Karanganyar, Asminah, untuk mengenangnya. Asminah meninggal pada Selasa (20/8/2019). Peluncuran program bertepatan dengan hari ulang tahun Asminah pada 4 Oktober.

Wakil Ketua PN Karanganyar, Ni Wayan Wirawati, menuturkan informasi yang diberikan melalui Asminah valid, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Aplikasi digagas Ibu Asminah semasa hidup. Saat itu ibu ingin mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang pelayanan di PN Karanganyar. Kami melanjutkan gagasan itu melalui virtual assistants whatsapp yang diberi nama Asminah. Ini cocok dengan era teknologi dan keterbukaan informasi. Bagian dari modernisasi untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendapat informasi pelayanan di PN Karanganyar," kata Ira, sapaan akrabnya, saat berbincang dengan wartawan seusai launching Asminah.

Masyarakat cukup memasukkan dan menyimpan nomor handphone tersebut ke ponsel pintar. Lalu ketik pesan melalui whatsapp sesuai kebutuhan. Misalnya ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkan pada awal cukup mengetik panduan.

Apabila ingin mengetahui jadwal sidang, cukup mengetuk sidang#nomor perkara. Anda dapat juga mengakses Asminah untuk mengetahui syarat persetujuan penyitaan dan permohonan ganti nama.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menjajal program dengan berpura-pura hendak mengganti nama.

"Iya, betul. Sudah dicoba dan bisa. Ini aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan publik. Mempermudah akses mendapatkan informasi. Sekaligus membangun kepercayaan luas dan memperlancar urusan masyarakat dalam mendapatkan keadilan. Apa yang dirintis Almarhumah bagian dari amal jariah," ujar Bupati saat memberikan sambutan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten