Tutup Iklan

Kenali Tanda Hormon Tiroid Bermasalah dan Tidak Seimbang

Jika hormon tiroid Anda tidak seimbang, semua fungsi tubuh Anda akan terpengaruh.

 Ilustrasi rambut rontok. (Holisticfamily.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rambut rontok. (Holisticfamily.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tanda hormon tiroid Anda sedang bermasalah dan tidak seimbang. Dengan mengetahui apa saja gejalanya, Anda bisa memperbaiki ketidakseimbangan ini.

Meskipun mungkin merupakan bagian kecil/kelenjar tubuh kita, tapi tiroid penghasil hormon ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Terletak di depan leher, kelenjar tiroid membantu menghasilkan hormon tiroid yang mengatur berbagai fungsi tubuh termasuk suhu tubuh kita, detak jantung, dan banyak lagi. Banyak yang bisa salah jika hormon tiroid kita tidak seimbang.

Menurut dokter Ayurveda,  Dixa Bhavsar, jika hormon tiroid Anda tidak seimbang, semua fungsi tubuh Anda akan terpengaruh baik itu metabolisme, tingkat energi, suhu tubuh, kesuburan, penambahan/penurunan berat badan, menstruasi, kesehatan rambut, suasana hati (kesehatan mental) & detak jantung.

Baca Juga: Hasil Penelitian: Tak Perlu 10.000 Langkah per Hari Agar Panjang Umur

Dia menyoroti beberapa tanda yang menunjukkan ketidakseimbangan hormon tiroid dan mungkin memerlukan pemeriksaan segera seperti dilansir dari Times of India dan ditulis Bisnis.com, Selasa (19/10/2021), berikut ini.

1. Metabolisme lambat dan tingkat energi menurun

Hormon tiroid membantu untuk mengontrol metabolisme kita. Fungsi utama metabolisme adalah mengubah makanan yang kita makan menjadi energi sehingga membantu fungsi tubuh Anda lebih cakap.

“Ini membantu Anda mencerna makanan yang Anda makan, menyerap nutrisi yang diperlukan darinya dan juga memberi Anda energi dengan memetabolisme makanan Anda.” Yang mengatakan, ketika kelenjar endokrin Anda tidak menghasilkan cukup hormon (T4 dan T3), itu memperlambat metabolisme, menyebabkan penurunan tingkat energi dan karenanya, kelelahan.

2. Perubahan berat badan Anda

Ketidakseimbangan tiroid dapat menyebabkan penurunan berat badan yang berlebihan atau penambahan berat badan. Orang yang menderita hipotiroidisme mungkin merasa sangat sulit untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Mengingat bahwa hormon yang dilepaskan kelenjar tiroid Anda membantu mengatur metabolisme dan mengubah makanan menjadi energi, ketika tiroid Anda tidak menghasilkan hormon dalam jumlah yang cukup, tubuh Anda mungkin gagal untuk membakar kelebihan kalori, yang menyebabkan penambahan berat badan. Yang mengatakan diet yang tepat dan olahraga teratur dapat membantu.

Baca Juga: Pulang ke Rumah Seperti Tukul, Begini Cara Rawat Pasien Stroke di Rumah

3. Rambut rontok

Tiroid Anda membantu dalam penyerapan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan lain-lain¬† yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. “Konon, hiper atau hipotiroidisme yang parah, yang berarti ketidakseimbangan hormon kelenjar tiroid, dapat menyebabkan kerontokan rambut,” jelasnya.

4. Haid tidak teratur

Bhavsar juga menyoroti dampak ketidakseimbangan tiroid pada siklus menstruasi wanita. Produksi hormon yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dari tiroid dapat menyebabkan menstruasi menjadi ringan, berat, atau tidak teratur. Penyakit tiroid juga dapat menyebabkan menstruasi tertunda selama beberapa bulan – suatu kondisi yang dikenal sebagai amenore. Dalam skenario seperti itu, seseorang harus mengunjungi dokter kandungan.

5. Masalah kesuburan

Ketika Anda menderita ketidakseimbangan tiroid, tubuh Anda kekurangan hormon tertentu, penting untuk hamil. Jika Anda memiliki tiroid yang kurang aktif, yang dikenal sebagai hipotiroidisme, kemungkinan Anda akan lebih sulit untuk hamil. Tidak hanya berdampak pada ovulasi tetapi juga membuat janin sulit untuk melahirkan.

Baca Juga: Manfaat Menonton Film Horor Bisa Melepaskan Stres dan Kecemasan

6. Detak jantung tidak teratur

Hormon tiroid membantu mengatur detak jantung Anda juga. “Tiroid membantu mengatur detak jantung Anda juga,” katanya. Apakah Anda menderita hipo atau hipertiroidisme, detak jantung Anda akan berfluktuasi secara tidak teratur, masing-masing terlalu rendah atau terlalu tinggi.

“Ketidakseimbangan kadar tiroid dapat membuat Anda merasa stres, cemas dan depresi dengan meningkatkan jumlah kortisol dalam tubuh Anda,” jelasnya. Karena hormon tiroid memengaruhi tingkat energi Anda, jumlah hormon yang rendah ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tiba-tiba, gugup, tidur terganggu, dan banyak lagi.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Mengenal Bahaya yang Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi Seperti Semeru

Bagi warga yang hidup di sekitar harus pandai-pandai menyesuaikan diri dengan selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya letusan gunung berapi.

Galon Isi Ulang Disebut Mengandung BPA, Benarkah Berbahaya bagi Tubuh?

Di Amerika Serikat dan Uni Eropa, larangan kandungan BPA pada kemasan pangan diterapkan untuk produk bayi dan food contact material.

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.

Mengawali Gerakan Literasi Halal

Negara memiliki kewajiban untuk menghadirkan produk halal yang siap dikonsumsi masyarakat.

Viral! Perempuan Mirip Vanessa Angel, Netizen Sebut Reinkarnasi

Seorang perempuan yang berjoget Tiktok diangap memiliki wajah yang mirip Vanessa Angel menjadi viral dan menyebutnya reinkarnasi

Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

Nah, kalau pasanganmu mudah selingkuh coba dicek apakah dia merupakan salah satu pria dengan weton Jawa ini.

Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Paparan bahan kimia terkait plastik, seperti bahan kimia dasar bisphenol A dan plasticizer ftalat, dapat picu dan tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Galon Isi Ulang Terancam Hilang Karena BPA, Ini Dampak BPA pada Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA.

Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Terdapat mitos di Jawa soal larangan menikah antara anak pertama dengan ketiga yang dikenal nikah lusan. Adakah yang percaya?

Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker sejak dini, apa saja?

Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah.