SOLOPOS.COM - Ilustrasi hotel kapsul. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum merasakan sensasi menginap di hotel kapsul yang kini juga mulai bermunculan di Solo dan Yogyakarta, terlebih dulu ketahui plus minusnya. Simak ulasannya di tips traveling kali ini.

Hotel dengan kamar berukuran mini ini memang menawarkan pengalaman tidur yang berbeda dibandingkan dengan hotel konvensional. Ruangannya yang relatif kecil namun nyaman adalah daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki penginapan jenis lain.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, sebaiknya kenali dulu plus-minus menginap di jenis hotel yang satu ini. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber pada Senin (21/2/2022):

Kelebihan Hotel Kapsul

1. Harga Lebih Terjangkau

Salah satu nilai plus hotel kapsul adalah room rate-nya atau sewa kamarnya terjangkau. Dengan ukuran kamar yang lebih kecil dibandingkan hotel konvensional, tentunya terjadi banyak pemangkasan budget yang membuat tarif penginapan ini menjadi lebih murah. Hotel yang satu ini sangat cocok untuk para backpacker yang tidak terlalu memedulikan fasilitas hotel seperti kolam renang dan kamar mandi dalam.

Baca Juga: Serba-Serbi Hotel Kapsul: Berawal dari Jepang Menyebar ke Dunia

2. Mendapatkan Apa yang Kamu Butuhkan

Mengutip laman 99.co, ketika sedang melakukan perjalanan bisnis traveller hanya membutuhkan kasur dan atap saja untuk  tidur malam. Untuk perjalanan yang singkat, mereka tidak memiliki waktu untuk menikmati pemandangan di balkon, berenang di kolam renang hotel, atau bahkan menonton TV kabel sambil memakai mantel mandi.  Hotel kapsul adalah pilihan tepat bagi mereka yang sedang mencari hotel dengan kebutuhan yang esensial saja.

3. Bisa Berinteraksi dengan Tamu Lain

Untuk kamu yang mudah berteman dengan orang asing, hotel kapsul adalah tempat yang tepat untuk menambah lingkaran pertemanan kamu. Biasanya, hotel ini menyediakan community space/area yang biasanya dipenuhi orang dengan berbagai kesibukannya mulai dari mengisi perut hingga bermain game online. Jika kamu senang berbaur dengan keramaian, ini adalah tempat yang tepat untuk melakukannya.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Hotel Kapsul untuk Staycation di Jakarta

4. Bisa Mengeksplorasi Kota dengan Leluasa

Terkadang, berdiam di hotel yang dilengkapi terlalu banyak fasilitas membuat kamu malas untuk keluar dari sana. Padahal, pada saat liburan seharusnya kamu pergi keluar untuk “mengulik” kota yang beriskan banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Jika kamu menginap di hotel kapsul, hal ini tidak akan sampai terjadi!

Kekurangan Hotel Kapsul

1. Harus Berbagi Kamar Mandi

Setelah mengetahui nilai plusnya, berikutnya ketahui pula nilai minus hotel kapsul. Salah satunya adalah berbagi kamar mandi dengan penghuni hotel lainnya. Hal ini lantaran kamar yang berupa kapsul itu tidak dilengkapi kamar mandi dalam.  Jadi, kamu harus siap-siap mengantri untuk mandi di jam-jam sibuk, ya!

Baca Juga: Ada-Ada Saja, Pengunjung Solo Ini Pilih Hotel Kapsul karena Takut Hantu

2. Tidak Cocok untuk Perokok Berat

Biasanya, hotel konvensional tertentu memperbolehkan kamu untuk merokok di dalam ruangan, namun tidak untuk hotel yang satu ini. Biasanya, hotel akan menyediakan area khusus merorok yang bisa kamu gunakan bersama para perokok lain. Tampaknya, para perokok berat harus berpikir ulang jika berniat menginap di sini.

3. Ada Jam Malam

Salah satu hal menyebalkan lainnya adalah adanya jam malam yang akan membatasi kamu beraktivitas di malam hari. Ketika jam malam diberlakukan, kamu tidak boleh berisik karena bisa mengganggu tamu lain.

Baca Juga: Kerek Okupansi, Front One Cabin Solo Padukan Hotel Kapsul-Bintang

4. Tidak Cocok untuk Pengidap Klaustrofobia

Untuk kamu yang memiliki kalustrofobia atau fobia terhadap ruang sempit tampaknya tidak disarankan untuk menginap di sini. Pasalnya, ruangan di sini benar-benar terbatas. Langit-langit ketika kamu tidur pun hanya beberapa sentimeter dari dahi kamu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya