Kenali Penyebab Saudara Kandung Tidak Akur Seperti Tasya dan Tasyi

Ada sejumlah penyebab mengapa saudara kandung tiba-tiba bisa berubah tidak akur setelah mereka dewasa.

 Ilustrasi kakak adik bertengkar. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kakak adik bertengkar. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Masalah antara Tasyi Athasyia dan Tasya Farasya masih menjadi sorotan publik, berikut ini sejumlah penyebab hubungan yang tidak akur dengan saudara kandung? Agar hubungan antar anggota keluarga harmonis, simak ulasannya di tips menjaga kerukunan keluarga berikut ini.

Konflik dengan saudara ketika dewasa sering kali membingungkan dan membuat frustrasi. Padahal bisa jadi, dulu sewaktu masih kanak-kanak rukun-rukun saja dan tidak bertengkar.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Namun ketika sama-sama dewasa muncullah gesekan yang bisa memicu konflik dan membuat renggang. Ini perlu diatasi untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Perselisihan 2 Saudara Kandung di Balik Lahirnya Merek Adidas dan Puma

Lalu, sebenarnya apa penyebab saudara kandung tidak akur setelah mereka dewasa? Berikut ini penjelasannya seperti dikutip dari klikdokter.com pada Minggu (7/8/2022):

1. Perbedaan Pandangan

Anda tumbuh dalam keluarga yang sama. Pada prosesnya, sangat mungkin sekali terdapat pandangan yang berbeda dengan berbagai anggota keluarga.

Bagaimana pikiran dan perasaan Anda terhadap ibu, bapak, nenek dan kakek, serta saudara sekandung lainnya? Sandingkanlah dengan pikiran dan perasaan saudara Anda terhadap anggota keluarga yang sama.

Baca Juga: Putri Delina Diserang Warganet Usai Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule

Jika memang berbeda, mungkin hal ini merupakan penyebab adanya konflik sehingga Anda sampai bertengkar dengan saudara kandung.

2. Persaingan

Apakah saudara Anda ingin bersaing dengan Anda dalam segala hal? Apakah hal ini membuat Anda marah dan lelah? Perilaku yang suka bersaing ini sering kali berasal dari rasa tidak aman di masa kanak-kanak.

Misalnya, sejak kecil, si kakak beradik sering dibanding-bandingkan. Si kakak selalu dianggap lebih baik dan kepentingannya selalu dinomorsatukan. Karena tak punya power, si adik cuma bisa memendamnya saja.

Baca Juga: Bayi Hasil Hubungan Inses Kakak-Adik Meninggal Setelah Dilahirkan

Seiring berjalannya waktu dan sang adik sudah dewasa, rasa kompetitif kian menjadi-jadi. Timbullah rasa dendam. Bisa saja salah satunya ingin memutarbalikkan keadaan.

Jika waktu kecil disepelekan, maka sekarang ia ingin menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya. Karena itu, pembuktian diri tersebut bisa menjadi penyebab kakak adik tidak akur.

Dengan mengetahui masalah yang dialami di masa kecil, akan membantu Anda memahami kebutuhan untuk bersaing secara lebih efektif.

3. Pengaruh Pasangan Hidup

Masuknya orang baru di kehidupan kakak atau adik pasti akan memengaruhi hubungan keduanya. Dulu, semuanya diprioritaskan untuk keluarga. Sementara sekarang, pasti yang diprioritaskan adalah pasangan hidup masing-masing.

Adanya pasangan juga bisa mengubah pola pikir dan menambah motivasi tertentu. Bila dulu si adik tak berani membuat keputusan karena tak memiliki bala bantuan, sekarang sudah jadi lebih berani karena ada orang yang mendukungnya.

4. Pendidikan dan Pekerjaan yang Berbeda

Baik pendidikan atau pekerjaan, keduanya bisa menjadi penyebab saudara kandung tidak akur. Misalnya, sang kakak kini sudah menjadi seorang dokter dan profesor. Semua yang dilakukannya harus bersifat objektif, tepat waktu, dan menyukai hal yang pasti.

Baca Juga: Sebagai Anak Putri Delina Akui Tidak Dekat dengan Sule

Sementara si adik, tumbuh menjadi seorang seniman. Mereka yang bekerja di bidang seni biasanya memiliki jam kerja yang fleksibel dan mengandalkan mood. Baik atau tidaknya suatu hal juga tergantung preferensi masing-masing orang.

5. Pemberian Label

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya cenderung melibatkan perbandingan antar saudara, dan berujung labeling.  Ketika seorang anak dilabeli, tak jarang hal ini berkontribusi terhadap pembentukan karakternya. Sebagai orang dewasa, label ini dapat mencetuskan persaingan antara adik kakak.

6. Favoritisme

Kenapa adik kakak sering bertengkar? Bisa jadi karena favoritisme atau pilih kasih yang dilakukan oleh orang tua. Nah, ketika orang tua menunjukkan favoritisme terhadap salah seorang anaknya, hal tersebut mampu mengancam dan bahkan merusak hubungan antar saudara.

Tentu tidak menyenangkan, bukan, apabila orang tua lebih memihak saudara Anda ketimbang Anda? Misalnya ditunjukkan dengan sikap orang tua yang lebih dekat dengan saudara Anda, ataupun sering membahas pencapaian saudara Anda.

7. Harta atau Warisan

Tak bisa dimungkiri bahwa harta juga bisa menjadi penyebab kakak adik tidak akur. Misalnya terkait dengan warisan. Tak peduli seberapa dekat mereka waktu kecil dulu, harta bisa mengubah kedekatan menjadi permusuhan! Lalu, akan semakin memanas kondisinya bila sejak awal orang tua mungkin tidak membaginya secara adil.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      NU Purworejo Sebut Haram, Begini Fatwa Permainan Boneka Capit Menurut MUI

      Jika NU Purworejo mengharamkan permainan boneka capit, bagaimana menurut fatwa yang dikeluarkan MUI terkait hukum permainan tersebut?

      Kekayaan Konglomerat Wanita Terkaya di Indonesia Rp22,6 Triliun

      Siapa konglomerat wanita terkaya di Indonesia? Berikut ini adalah konglomerat wanita di Indonesia yang dua-duanya masuk dalam daftar wanita terkaya menurut Forbes tahun 2021.

      Doa Bercocok Tanam Menurut Islam Supaya Tumbuh Subur

      Berikut ini terdapat doa ketika bercocok tanam agar tumbuh subur menurut Islam yang dijelaskan oleh Nahdlatul Ulama atau NU online.

      Pakai Baju Bekas Biar Gaul

      Pemakaian baju bekas impor alias thrifting menjadi tren fesyen anak muda masa kini.

      Keistimewaan Angka 19 dalam Al-Qur’an yang Penuh Misteri

      Terdapat keistimewaan angka 19 dalam kitab suci umat Islam Al-Qur'an yang penuh misteri dan tak pernah disadari oleh umat muslim.

      Viral Jenazah di Kediri Digotong oleh Perangkat Desa, Ternyata Ini Alasannya

      Beredar video viral jenazah di Kediri, Jawa Timur, yang digotong oleh perangkat desa. Ternyata ini alasan sebenarnya yang terjadi.

      Terjadi di Colomadu Karanganyar, Ini Penyebab Hujan Es Menurut Ahli

      Terjadi di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Jumat (23/9/2022), ini dia penyebab hujan es menurut ahli dari ITS Surabaya.

      Psikolog: Stres Dapat Sebabkan Anak Kena Gangguan Makan

      Stres bisa menjadi salah satu penyebab anak-anak termasuk usia sekolah mengalami gangguan makan.

      Mimpi Membagikan Uang Memiliki Banyak Arti Positif

      Berikut ini sejumlah arti mimpi membagikan uang.

      Kerap Tidak Disadari, Kenali Gejala Umum Kanker Payudara

      Ada beberapa faktor risiko yang memicu perempuan rentan sakit kanker payudara sehingga mengenali gejala sejak awal menjadi penting.

      Usia Pasien Serangan Jantung Indonesia Lebih Muda Dibandingkan Eropa

      Usia pasien serangan jantung di Indonesia jauh lebih muda dibandingkan usia pasien di Eropa, AS, dan Jepang.

      Hitung-Hitungan Biaya Lebih Irit Kompor Listrik atau Gas

      Jika memakai biaya sendiri, lebih irit kompor listrik atau gas ya?

      Marie Bonaparte, Perempuan Pertama Peneliti Orgasme Wanita

      Penelitian Marie membuka jalan untuk eksplorasi lebih lanjut tentang orgasme wanita.

      Punya Arti Baik, Berbahagialah Jika Mimpi Berada di Istana

      Berikut ini sejumlah arti mimpi berada di istana.

      Pakar Ungkap Pentingnya Orgasme pada Wanita

      Dokter spesialis kandungan dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS mengungkapkan pentingnya pria membuat wanita (pasangannya) orgasme saat berhubungan intim.