SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lampu Mobil (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Lampu mobil adalah salah satu komponen yang cukup penting saat berkendara, karena dengan nyala lampu mobil pengemudi bisa nyaman dan aman berkendara pada malam hari.

Cahaya lampu mobil yang terang sangat membantu pengemudi berkendara pada malam hari dan juga saat hujan atau berkabut. Sehingga apabila ada gangguan pada lampu akan sangat mengganggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan apabila nyala lampu mobil tak bisa diandalkan, tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu Anda harus mengenali beberapa penyebab nyala lampu mobil kurang terang. Berikut penyebabnya seperti dikutip Solopos.com dari Auto2000.

1. Cek Relai Lampu

Relai lampu terdiri dari dua komponen lain, yaitu rangkaian arus kecil yang masuk ke bagian sakelar dan rangkaian arus utama yang masuk ke bagian lampu.

Tugasnya menjadi penghubung arus listrik utama dari aki ke lampu mobil, agar dapat menyala sempurna. Apabila ada gangguan pada relai, maka nyala lampu mobil tidak akan maksimal.

Baca juga: Sakura, Mobil Listrik Nissan Yang Dijual Seharga Rp200 Jutaan

2. Karat pada Soket

Karat pada soket akan membuat tegangan listrik yang masuk ke lampu menjadi berkurang atau turun. Jika tegangan turun, tentu saja cahaya lampu mobil akan berkurang.

3. Soket Lampu yang Meleleh

Soket lampu yang meleleh menghambat tegangan listrik yang masuk ke lampu. Penyebabnya bisa karena soket tidak berada pada posisi yang sesuai, atau tidak masuk ke dalam terminal lampu dengan baik.

Akibatnya elektron dari dua konduktor akan mengalami loncatan yang menimbulkan panas dan melelehkan soket lampu.

4. Aki yang Lemah

Energi yang bisa membuat lampu menyala berasal dari aki. Arus listrik yang diteruskan oleh rangkaian arus utama bisa berkurang karena aki yang mulai lemah.

Baca juga: Ini Yang Dilakukan Setelah Motor Terendam Banjir

Apabila Anda menemukan lampu redup, ini berarti aki mobil lemah dan harus segera diganti ke bengkel. Karena aki juga sumber listrik bagi banyak komponen di mobil.

5. Kaca Lampu Kusam

Kaca atau mika lampu yang sudah digunakan terlalu lama tanpa diganti bisa kusam dan menyebabkan lampu tidak akan bercahaya seperti saat pertama kali dipasang. Sebaiknya segera diganti.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya