SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan fast food. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Kenali sejumlah penyebab kanker usus besar yang meningkat secara drastis di kalangan usia muda. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Menurut Program Pendaftaran Kanker Nasional Dewan Riset Medis India, ini adalah kanker paling umum ketiga pada pria dan paling umum kedua pada wanita. Kondisi ini memengaruhi usus besar (kolon) dan dimulai sebagai gumpalan kecil sel non-kanker yang menjadi kanker seiring waktu. Belakangan ini, anak muda berisiko lebih tinggi.

Promosi Digitalisasi Berbasis Ekosistem Meningkatkan Daya Saing dan Adaptasi Pasar

Berikut beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar di usia muda seperti dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (2/4/2023):

1. Kegemukan

Amit Javed, Director – Department of Advanced Surgical Sciences & Onco-Surgeries, CK Birla Hospital (R), Delhi mengatakan, kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker usus besar pada pria dan wanita. Obesitas dapat menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh dan meningkatkan resistensi insulin, yang keduanya dapat menyebabkan kanker usus besar.

2. Riwayat keluarga

Orang dewasa muda yang memiliki riwayat keluarga kanker usus besar atau polip berisiko lebih tinggi terkena kondisi fatal ini. Risikonya bahkan lebih tinggi jika ada kerabat langsung yang menderita kanker usus besar.

3. Penyakit Radang Usus (IBD)

Penyebab kanker usus besar di usia muda berikutnya adalah penyakit radang usus. Peluang mengembangkan kanker usus besar lebih tinggi pada orang dengan IBD, seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa. Peradangan saluran pencernaan kronis yang disebabkan karena IBD dapat menyebabkan perkembangan sel abnormal dan kanker.

5. Kurangnya aktivitas fisik

Individu muda lebih cenderung ke arah pilihan gaya hidup yang tidak sehat termasuk kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Aktivitas fisik atau olahraga meningkatkan kadar antioksidan dan perbaikan DNA di dalam tubuh. Ini juga mempengaruhi produksi faktor pertumbuhan dan metabolisme insulin yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

6. Kebiasaan makanan yang tidak sehat

Pola makan yang buruk, konsumsi alkohol yang berlebihan, serta daging merah dan olahan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus besar.

7. Merokok

Penyebab kanker usus besar di usia muda berikutnya adalah kebiasaan merokok. Menurut Dr. Javed, racun menghancurkan DNA dan memutasi sel-sel sehat ketika bahan kimia dan polutan dihirup dalam bentuk rokok. Bahan kimia ini dapat menyebabkan pertumbuhan polip prakanker di usus besar, yang nantinya dapat berkembang menjadi kanker.

8. Terapi radiasi

Ada kemungkinan lebih tinggi terkena kanker usus besar pada orang yang telah menjalani pengobatan radiasi untuk kanker perut. Ketika terapi radiasi diberikan pada usia yang lebih muda, risikonya lebih besar. Pada sebagian besar kasus, terlihat bahwa kanker usus besar stadium lanjut adalah hasil dari keterlambatan diagnosis dan pengobatan. Selain mengikuti gaya hidup sehat dan kebiasaan makan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan tes bahkan sebelum tanda dan gejala berkembang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Penyebab Kanker Usus Besar di Usia Muda, Hindari Sejak Dini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya