SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Melonjaknya tekanan darah di pagi hari atau disebut sebagai morning surge harus menjadi alarm bagi para penderita hipertensi, terutama yang sudah berusia lanjut. Pasalnya, morning surge menjadi penyebab utama strok atau serangan jantung mendadak di pagi hari para pasien hipertensi.

Apalagi jika pada malam atau sore hari tekanan darah normal. Semakin lebar perbedaan tekanan darah pada kedua kondisi tersebut, semakin tinggi pula risiko strok. Dalam sebuah penelitian 2003, orang yang berada pada risiko tertinggi strok jika memiliki perbedaan besar antara tekanan darah malam dan pagi hari yang berkisar 55 mmHg.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari hasil penelitian, morning surge ternyata lebih banyak dialami oleh orang Asia dibandingkan orang Eropa. Karena itu, mengukur tekanan darah secara rutin di pagi dan malam hari menjadi sesuatu yang perlu dilakukan penderita hipertensi, terutama yang berusia lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya