SOLOPOS.COM - Sebuah kendaraan roda empat melintas di jalan tol di wilayah Kabupaten Boyolali, beberapa waktu lalu. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Jika kamu bepergian melalui jalan tol, kamu akan dikenakan tarif tertentu. Tarif ini dibayarkan sesuai dengan golongan kendaraan dan tarif penggunaan jalan tol yang sudah ditentukan oleh pengelola yang dihitung sesuai jarak dari pintu gerbang satu ke pintu gerbang lainnya.

Golongan kendaraan di jalan tol itu juga dibedakan menjadi 6. Artinya masing-masing jenis kendaraan dibagi sesuai dengan golongan-golongan tersebut.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Nah, kendaraan apa saja yang ada di masing-masing golongan? Simak penjelasannya, sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum (Kepmen PU) Nomor 370/KPTS/M/2007.

 

Golongan I –  sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus

Golongan II –  truk dengan 2 gandar

Golongan III – truk dengan 3 gandar

Golongan IV – truk dengan 4 gandar

Golongan V – truk dengan 5 gandar

Golongan VI – kendaraan bermotor roda 2 (Tidak semua membolehkan 2 di jalan tol)

 

Golongan kendaraan tersebut nantinya akan menentukan tarif yang akan dipungut pada pintu gerbang keluar jalan tol. Artinya, tarif kendaraan sedan dengan tarif truk dengan 5 gandar akan berbeda ketika sama-sama menempuh perjalanan dari SOlo ke Ngawi, misalnya.

Sementara itu, jika diamati, pada Golongan I hampir semua jenis kendaraan di sana adalah kendaraan kecil. Tapi, ternyata ada juga bus yang di dalamnya termasuk bus besar.

Rupanya, dengan menempatkan bus pada Golongan I ini pemerintah ingin menempatkan transportasi umum ini pada kelas atau golongan dengan tarif termurah. Sehingga masyarakat yang menumpang bus masih bisa membayar ongkos naik bus dengan biaya terjangkau.

Untuk mengetahui tabel tarif jalan tol, bisa dilihat di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya