SOLOPOS.COM - Staf medis merawat pasien yang terjangkit virus Corona, di Central Hospital di Wuhan, China, Sabtu (25/1/2020) menurut foto yang diunggah di media sosial. (Antara/Reuters)

Solopos.com, SOLO – Tahap awal gejala virus corona bisa dideteksi dari sejumlah hal mulai dari suhu tubuh hingga gejala batuk. Mengetahui bedanya dengan gejala flu biasa bisa mencegah penyebaran lebih luas.

Direktur World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (11/3/2020), mengumumkan virus corona sebagai pandemi global. Pandemi diputuskan setelah ada gelombang infeksi dari orang ke orang di seluruh komunitas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi pada geografis yang luas atau menyebar secara global. Menurut WHO, pandemi tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan penyakit, jumlah korban atau infeksi, namun pada penyebaran geografisnya.

Menhub Budi Karya Sumadi Positif Corona, Diisolasi di RSPAD

Pandemi mengacu pada epidemi yang telah menyebar di beberapa negara atau benua, biasanya mempengaruhi sejumlah besar orang. Penyakit virus corona Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus ini menyebabkan penyakit saluran pernapasan (seperti flu) dengan gejala seperti batuk, demam, dan pada kasus yang lebih parah, pneumonia. Anda dapat melindungi diri Anda dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah Anda.

Solo Semi Lockdown, Prosesi Ibadah akan Disederhanakan

Covid-19 memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Penyakit ini dapat memiliki gejala yang lebih parah bagi sebagian orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau sesak napas.

Dalam kasus yang lebih langka, penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Orang-orang berusia lanjut, dan orang-orang yang memiliki gangguan medis lainnya (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung), lebih rentan untuk mengalami gejala yang parah.

Istri Pasien Positif Corona Solo yang Meninggal Dirawat di RSUD dr Soedono Madiun

Gejala Virus Corona dan Influenza

Banyak orang seringkali bingung membedakan antara gejala influenza dan Covid-19. Baik influenza atau Covid 19, keduanya memang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan dan memiliki gejala yang serupa. Maka tak heran, jika banyak orang seringkali keliru membedakan keduanya.

William Schaffner, spesialis penyakit menular, mengatakan bahwa sangat sulit untuk membedakan antara flu biasa dan infeksi virus Corona.

Melansir laman Johns Hopkins Medicine, flu dan Covid-19 memiliki beberapa gejala yang mirip seperti, demam dan batuk. Kedua penyakit tersebut dapat dicegah dengan rutin mencuci tangan secara menyeluruh, tinggal di rumah saat sakit dan membatasi kontak dengan orang yang terinfeksi, serta menutup mulut saat batuk.

Sopir Pasien Meninggal Positif Corona Solo Dipastikan Negatif

Melansir laman Scientific American, gejala flu seringkali muncul tiba-tiba dan bisa disertai dengan sakit kepal, muntah dan diare. Gejala-gejala yang dialami pasien flu biasanya terjadi pada saluran pernapasan atas seperti hidung dan tenggorokan.

Mereka yang terinfeksi virus influenza juga bisa sembut hanya dalam waktu kurang dari dua minggu. Sementara itu, infeksi virus Corona jenis baru ini seringkali menimbulkan gejala pada saluran pernapasan bawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya