SOLOPOS.COM - Lindungi diri Anda dan keluarga dari HIV/AIDS. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Belum lama ini, kita dikagetkan dengan pemberitaan ibu-ibu rumah tangga dan mahasiswa di Bandung tertular HIV, karena itu sebaiknya ketahui gejala dan ciri-ciri penyakit yang hingga saat ini belum ada obatnya ini. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Dikutip dari medicalnewstoday dan Healthline, Jumat (26/8/2022), HIV merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Jika tidak diobati, HIV akan mempengaruhi hingga membunuh sel CD4, sel ini merupakan jenis sel kekebalan tubuh yang biasa disebut sel T. Semakin banyak sel ini dibunuh, semakin tinggi pula tubuh mendapatkan kondisi serius seperti kanker.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Sementara AIDS yang merupakan kepanjangan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah HIV yang sudah memasuki stadium tiga. Pengobatan yang kian canggih dan maju dengan pengobatan antiretroviral, membuat orang dengan HIV jarang hingga ke stadium tiga atau AIDS.

Baca Juga: Duh! 64 Kasus Baru HIV/AIDS Muncul di Kabupaten Semarang

Mengutip Bisnis.com, Jumat, orang dengan HIV umumnya tidak menunjukkan gejala atau pun ciri-ciri apapun pada beberapa bulan pertama atau bahkan bertahun-tahun setelah tertular virus. Seperti yang terjadi di AS, 13% orang dengan HIV tidak menyadari penyakit tersebut. Orang-orang dengan HIV tanpa gejala bahkan merasa sehat dan tampak sehat, tetapi virusnya tetap berkembang dalam tubuh dan merusak sistem kekebalan tubuh.

Namun, bukan berarti tidak ada orang yang bergejala. Sekitar dua per tiga orang dengan HIV mengalami gejala dan ciri-ciri mirip penderita flu selama dua hingga empat minggu setelah tertular virus. Gejala-gejala ini secara bersamaan disebut sindrom retroviral akut, seperti demam, panas dingin, berkeringat terutama pada malam hari, pembengkakan kelenjar getah bening, ruam difus, kelelahan, lemah, nyeri sendi, nyeri otot, dan sakit tenggorokan.

Baca Juga: KPA Klaten Identifikasi 75 Kasus HIV/AIDS, Tertinggi di Wilayah Industri

Gejala dan ciri-ciri tertular HIV lainnya yaitu ada infeksi jamur mulut atau vagina berulang, radang paru-paru dan herpes zoster juga merupakan salah satu gejala HIV. Umumnya orang yang tertular HIV juga tertular infeksi menular seksual (IMS).

Jika Anda berisiko terinfeksi apalagi sampai mengalami gejala awal dan terlihat ciri-ciri HIV, segera lakukan tes untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari penyakit ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Belum Ada Obatnya, Kenali Gejala HIV, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya