Kenali Ciri-Ciri Psikopat, Gangguan Kepribadian Antisosial
Ilustrasi--Psikopat. (freepik)

Solopos.com, MADIUN – Anda mungkin pernah mendengar istilah psikopat atau bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Psikopat adalah gangguan kepribadian yang cukup menakutkan di mata masyarakat.

Istilah psikopat tidak hanya sering digunakan dalam film. Namun, psikopat bisa benar-benar terjadi di sekitar Anda.

Psikopat atau secara medis dikenal dengan kepribadian antisosial, merupakan gangguan kepribadian yang ditandai dengan kurangnya empati dan kebiasaan melanggar peraturan. Seorang psikopat biasanya tidak berada dalam relasi yang harmonis dengan orang lain dan mudah melakukan kekerasan.

Kenali Tiga Jenis Fobia yang Umum Terjadi, Bisa Jadi Anda Mengidap Salah Satunya

Seorang psikopat cenderung memiliki pemahaman diri yang rendah dalam menggambarkan keluhan yang dirasakan. Orang dengan gangguan kepribadian antisosial seperti psikopat hampir tidak pernah merasa perlu untuk berkonsultasi ke dokter karena gangguan yang dideritanya.

Mereka seringkali baru diperiksa oleh dokter karena telah melanggar hukum, atau perilakunya menimbulkan dampak buruk bagi dirinya dan orang lain. Diperlukan serangkaian pemeriksaan untuk menentukan apakah seseorang benar-benar memiliki gangguan perilaku antisosial ini.

Ciri-Ciri

Dunia medis sendiri secara resmi tidak akan mendiagnosis seseorang sebagai psikopat. Kalangan dokter akan menyebut psikopat sebagai gangguan kepribadian antisosial. Berikut beberapa ciri psikopat dikutip dari allodokter.com, Sabtu (31/10/2020).

Cara Memuaskan Suami Saat Haid, Mana yang Paling Seru?

1. Pembeda psikopat dari manusia normal adalah dasar moral atau hati nurani. Psikopat dikenal sebagai orang yang tidak memiliki hati nurani atau empati, sehingga tindakan yang dilakukan dapat merugikan orang lain.

2. Tidak akan merasa bersalah jika melakukan kesalahan.

3. Jarang menunjukkan emosi, terutama emosi sosial seperti rasa malu atau bersalah.

4. Tidak bertanggung jawab atau justru menyalahgunakan orang lain atas kesalahan yang dilakukannya sendiri.

5. Kata-kata yang diucapkan terasa tidak tulus.

6. Tidak bisa memahami kata-kata yang abstrak atau bermetafora.

Bikin Nggak PD! Ini Cara Mudah Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

7. Terlalu percaya diri.

8. Tidak memiliki rencana masa depan.

9. Tidak mawas diri.

10. Sering berbohong.

11. Memiliki sikap egois yang tinggi.

12. Psikopat juga memiliki kemampuan untuk mengeksploitasi orang lain dengan penipuan atau kebohongan yang konsisten. Dalam memanipulasi orang lain, psikopat biasanya memakai pesona atau kecerdasan mereka. Psikopat juga bisa rentan terjerat masalah hukum karena tindakan manipulatifnya.

Ini Bedanya Susu UHT dan Susu Segar bagi Kesehatan…

13. Mereka berulang kali melanggar hak orang lain, mengintimidasi, tidak jujur, dan kerap salah mengartikan kejadian sekitarnya.

14. Psikopat juga merasa paling unggul dan memamerkan keunggulannya tersebut secara berlebihan.

Namun, sifat suka melakukan kekejaman justru tidak banyak ditemukan pada penderita gangguan kepribadian antisosial ini. Psikopat lebih terkenal dengan sifatnya yang egois dan manipulatif untuk mendapatkan keinginannya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom