SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA — Calon presiden nomor urut 02  Prabowo Subianto secara terbuka mengakui dirinya berdarah Banyumas, Jawa Tengah, saat debat Pilpres 2019 putaran keempat belum lama ini. Namun, pertalian emosional tersebut belum terlalu memikat pemilih kabupaten itu untuk mencoblos partai yang diketuai Prabowo, Partai Gerindra.

Pada Pileg 2014 di Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII yang meliputi Banyumas dan Kabupaten Cilacap, Gerindra hanya bertenger di posisi ketiga. Partai itu mendapatkan 229.642 suara, di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (487.813 suara) dan Partai Golkar (296.890 suara). Alhasil, hanya satu kader yang dapat dikirimkan Gerindra ke Senayan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) Pileg 2019, terdapat 2,84 juta pemilik hak suara di Dapil Jateng VIII dengan perincian 1,35 juta di Banyumas dan 1,49 juta di Cilacap. Kuota delapan kursi DPR diperebutkan oleh 108 calon anggota legislatif (caleg).

Kesempatan menikmati kursi empuk Senayan terbuka lebih lebar bagi para caleg karena tidak semua petahana kembali berlaga di Dapil Jateng VIII. Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko yang sudah dua periode mewakili dapil tersebut dipindah ke Dapil Jawa Timur VII.

Ekspedisi Mudik 2024

Kader Partai Demokrat Khatibul Umam Wiranu pun tak lagi mempertahankan kursi di Dapil Jateng VIII. Tak terpasang pula nama Muhammad Hanafi yang merupakan anggota DPR penggantian antarwaktu dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ammy Amalia Fatwa Surya yang digantikan Hanafi telah pindah ke Partai Nasdem untuk menjadi caleg kembali di Dapil Jateng VIII. Dia bakal bahu-membahu bersama politikus senior Nasdem, Sugeng Suparwoto, mengincar kursi yang urung didapat partai pada lima tahun silam.

PETAHANA DAPIL JATENG VIII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Adisatrya Suryo Sulisto 

Budiman Sudjatmiko 

Partai Golkar 

Dito Ganinduto 

Partai Gerindra 

Novita Wijayanti 

Partai Demokrat  

Khatibul Umam Wiranu 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Siti Mukaromah 

Partai Amanat Nasional 

Muhammad Hanafi 

Partai Persatuan Pembangunan 

Achmad Mustaqim 



PEMILIH DAPIL JATENG VIII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Cilacap 

1.488.496 

Banyumas 

1.350.981 

Total 

2.839.477 

 Sumber: DPR, KPU 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya