SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Suharsih/JIBI/SOLOPOS)

ILUSTRASI (Suharsih/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Kenakalan remaja kembali menjadi perhatian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo. Kali ini, Satpol PP akan masuk ke sekolah-sekolah di Kota Solo untuk memberi pengarahan saat upacara bendera. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah maraknya siswa membolos.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tindak membolos ini adalah sumber kenakalan remaja yang lain seperti tawuran pelajar dan lain sebagainya. Ini yang akan kami cegah lewat penyuluhan langsung ke siswa,” ujarnya Kepala Satpol PP Solo, Sutarjo, saat ditemui wartawan di Balaikota, Kamis (6/9/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut Sutarjo, Pemkot tidak ingin remaja Solo menjadi beringas seperti kota besar lain di Indonesia. Ia lantas mencontohkan kejadian di Semarang di mana kakak kelas memukuli adik kelasnya sendiri. Pun maraknya tawuran antar pelajar di Ibukota.

“Kalau dari pantauan kami, remaja Solo masih cukup tertib. Makanya sedini mungkin kami lakukan langkah antisipatif,” katanya.

Dalam teknisnya, imbuh dia, penyuluhan Satpol PP menyasar SMP, SMA, SMK dan sederajat di Solo. Sementara ini, pihaknya telah masuk di dua sekolah yakni SMKN 2 dan SMAN 6. Pihaknya berencana memasuki semua sekolah secara bertahap.

“Nanti kalau sudah rampung, kami baru akan menerapkan opsi razia. Penyuluhan ini juga termasuk peringatan kepada siswa agar bersikap tertib.”

Ia menambahkan, dalam penyuluhan pihaknya tak hanya membekali siswa ihwal tertib jam sekolah. Satpol PP, imbuhnya, juga menyuluh siswa agar menjauhi tindakan vandalisme seperti mencoret-coret tembok.

“Harus disadari kalau siswa juga punya kewajiban menjaga keindahan kota. Jangan malah mengotorinya, apalagi merusak taman seperti yang sering terlihat,” tegasnya.

Mengenai rencana tersebut, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solo, MKKS SMP-SMA dan stakheholder pendidikan lain.

“Semuanya mendukung dan memberi kami waktu untuk pengarahan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya