Kenaikan Tarif Ojek Online Ditunda, Ini Respons Grab Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum jadi menaikkan tarif ojek online pada Minggu (14/8/2022).

 Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). (Bisnis-Eusebio Chrysnamurti)

SOLOPOS.COM - Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). (Bisnis-Eusebio Chrysnamurti)

Solopos.com, JAKARTA — Grab Indonesia merespons keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunda kenaikan tarif ojek online yang awalnya akan diberlakukan pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Grab Indonesia menyatakan bahwa pihaknya memantau kondisi terkini terkait penyesuaian tarif ojek online.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Director of Central Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy menjelaskan mempelajari dan memantau dengan cermat KM No.564/2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai peraturan baru tersebut agar seluruh amanat dari peraturan dapat kami jalankan dengan baikuntuk para pengguna layanan kami, baik mitra pengemudi maupun penumpang,” kata Tirza, Minggu (14/8/2022) seperti dilansir Bisnis.

Lebih jauh, sebagai pelaku usaha yang menjalankan kegiatan usahanya di Indonesia, perseroan memilih mematuhi peraturan pemerintah yang berlaku dan mendukung upaya pemerintah dalam memajukan industri transportasi Tanah Air dan menggerakkan roda perekonomian pascapandemi Covid-19.

Baca Juga: Kemenhub Tunda Pemberlakuan Tarif Baru Ojek Online, Ini Alasannya

Sebelumnya, Kemenhub belum jadi menaikkan tarif ojek online pada Minggu (14/8/2022).

Kenaikan tarif ojek online tidak jadi diberlakukan pada Minggu. Kemenhub menyatakan penyesuaian aplikator terhadap tarif ojek online (ojol) dapat dilakukan paling lambat 25 hari kalender sejak aturan ditetapkan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno, menjelaskan bahwa semula dalam KM No.564/2022 tertulis pemberlakuan efektif maksimal 10 hari kalender.

Aturan tersebut diterbitkan pada 4 Agustus 2022 sehingga penyesuaian tarif seharusnya diberlakukan pada 14 Agustus 2022.

Namun, berdasarkan hasil peninjauan kembali diperlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi terhadap tarif baru ini. Sosialisasi bagi seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga : Resmi Naik, Segini Tarif Baru Ojek Online yang Berlaku

Hal ini dilakukan mengingat moda angkutan ojol berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas. “Oleh karena itu, pemberlakuan efektif aturan ini ditambah menjadi paling lambat 25 hari kalender,” kata Hendro, Minggu (14/8/2022).

Kemenhub menerbitkan Keputusan Menteri Perhubungan No.KP 564/2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat pada 4 Agustus 2022.

Kemenhub menetapkan penyesuaian aplikator terhadap tarif dapat dilakukan paling lambat 25 hari kalender sejak KM tersebut ditetapkan.

Penambahan waktu sosialisasi ini berdasarkan masukan dari seluruh pihak. Oleh karena itu diharapkan 25 hari kalender dari 4 Agustus 2022 (waktu terbitnya KM Nomor KP 564 Tahun 2022) dapat dilaksanakan.

Hendro berharap aplikator juga dapat segera menerapkan tarif baru serta meningkatkan pelayanan bagi penumpang, termasuk menjamin keselamatan penumpang.

Baca Juga : Tarif Ojol Naik, Driver di Solo Tak Khawatir Customer Berkurang

Diberitakan sebelumnya, Kemenhub menerbitkan KM No.KP 564/2022 dan berlaku sejak 4 Agustus 2022. Aturan itu hanya mengatur tarif penumpang ojek online.

Aturan terbaru Kemenhub itu resmi menggantikan aturan sebelumnya yakni KM No.KP 348/2019.

Sejumlah perubahan yang dimuat di dalam aturan terbaru soal ojek online itu yakni kenaikan batas biaya jasa khususnya pada layanan di wilayah Jabodetabek, lama waktu evaluasi tarif menjadi setiap tahun, serta jarak tempuh untuk tarif minimal dari pengguna yang menjadi 5 kilometer (km).

Aturan baru tersebut berlaku untuk layanan, seperti GoRide dari perusahaan aplikasi Gojek, GrabBike dari Grab, maupun Maxim.

Berikut daftar tarif baru ojek online:

Baca Juga : Tarif Dasar Ojol Naik Per 14 Agustus, Begini Respons Driver di Solo

1. Biaya jasa Zona I meliputi Sumatera, Jawa (selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), dan Bali

Biaya jasa batas bawah Rp1.850/kilometer (km), biaya jasa batas atas Rp2.300/km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp9.250 sampai dengan Rp11.500.

2. Biaya jasa Zona II yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi

Biaya jasa batas bawah Rp2.600/km, biaya jasa batas atas Rp2.700/km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp13.000 sampai dengan Rp13.500.

3. Biaya jasa Zona III yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya, Maluku dan Papua

Biaya jasa batas bawah Rp2.100/km, biaya jasa batas atas Rp2.600/km, dan biaya jasa minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp10.500 sampai dengan Rp13.000.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BRI Dorong Transaksi Nontunai Ratusan Ribu Pelaku UMKM Lewat Platform AYO SRC

      PT. BRI menginisiasi kerja sama layanan digital payment pada platform AYO SRC dari PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) dalam rangka memperkuat dan membangun ekosistem UMKM Indonesia.

      Fokus E-Football, Diplomat Esport Arena Solo Meriahkan Piala Dunia

      Diplomat Esport Arena(DEA), kembali menggelar event di tahun ini, Sabtu (24/9/2022). Guna memeriahkan ajang Piala Dunia, DEA 2022 lebih fokus pada laga e-football kategori console games.

      Jokowi Setujui Usul Mendag soal Dana Rp100 Triliun BUMN untuk Beli Hasil Tani

      Mendag Zulkifli Hasan menyatakan usulan disampaikan agar petani lebih sejahtera dan harga bahan pokok seperti beras, jagung, dan lain-lainnya bisa terjaga pasokannya dan harganya terjangkau.

      PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di Indonesia International Series 2022

      PLN telah menyiapkan infrastruktur supply berlapis, berupa pengamanan lokasi kegiatan dengan skema double supply sehingga keandalan lebih terjaga di GOR Amongrogo Yogyakarta

      Mirip TaniHub, Kemendag akan Bangun Marketplace Pertanian

      Platform marketplace bentukan Kemendag ini diharapkan dapat menemukan produsen hasil pertanian dengan pembeli.

      Harga Minyak Dunia Anjlok, ESDM: ICP US$63 per Barel Ada Penyesuaian Harga BBM

      Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan akan ada penyesuaian harga BBM jika harga minyak mentah dunia mendekati asumsi ICP US$63 per barel.

      Ratusan Tenant Meriahkan Pembukaan Solo Great Sale 2022 di CFD

      Ratusan tenant SGS 2022 berjalan dari Solo Grand Mall (SGM) menuju Loji Gandrung, Minggu (25/9/2022) menyemarakkan pembukaan event belanja akbar di Solo itu.

      Bulog Telah Siapkan 650.000 Ton Beras untuk Operasi Pasar 2022

      Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga.

      Hari Ini, Solo Great Sale 2022 Dimulai, 23.000 Pelaku Usaha Ikuti SGS

      Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Jangan Sampai Ketinggalan! Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.

      Solo Great Sale 2022 Dimulai, Pembiasaan Transaksi Nontunai Dikuatkan

      Solo Great Sale (SGS) 2022 siap dimulai, Minggu (25/9/2022). Ditargetkan ada 23.000 pelaku usaha yang akan terlibat sebagai pengisi tenant SGS 2022.

      Pertumbuhan Melambat, Facebook dan Google akan Kurangi Jumlah Karyawan

      Di tengah pertumbuhan yang melambat, perusahaan induk Facebook Meta dan Google Alphabet dikabarkan akan mengurangi pegawainya karena raksasa teknologi itu ingin memangkas biaya. 

      Di Balik PHK Karyawan Indosat Ooredoo Hutchison, Ada Beban Gaji Naik 68 Persen

      Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison melakukan perampingan karyawan alias PHK sejumlah karyawan.

      PHK Besar-Besaran Indosat dan Senjakala Layanan Telepon & SMS

      Disrupsi teknologi mengancam keberlangsungan operator telekomunikasi. Kini, semakin jarang orang yang memanfaatkan layanan telepon dan SMS akibat gempuran instant messenging seperti WhatsApp yang menawarkan layanan lebih praktis dan hemat tentunya.

      Dukung Kemudahan Investasi, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

      Aplikasi Super Apps Digital Banking BRImo milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi untuk memenuhi beragam kebutuhan layanan finansial nasabah.