SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY tengah mengembangkan sistem informasi kepegawaian (Simpeg) yang terintegrasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan).

Dengan sistem integrasi maka BKD bisa menghemat waktu dari tiga bulan biasanya menjadi satu minggu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Tata Usaha Kepegawaian (TUK) BKD DIY Intan Mustikaningrum mengatakan, selama ini sistem informasi kepegawaian BKD masih sebatas internal BKD sehingga penilaian pegawai untuk kenaikan pangkat, mutasi yang diajukan ke BKN masih manual.

“Untuk proses kenaikan pangkat dan mutasi biasanya kami butuh waktu sampai tiga bulan. Dengan adanya sistem mediasi Simpeg yang terintegrasi kita bisa menghemat waktu dan biaya,” kata Intan di kantornya, Selasa (3/6/2014).

Intan menyatakan, Simpeg yang terintegrasi mulai dioperasionalkan pada Desember akhir tahun ini. Saat ini BKD masih dalam proses mempersiapkan materi-materi kepegawaian dari hardcopy ke softcopy untuk memudahkan jaringan online.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto menambahkan, ides item integrasi Simpeg ke sistem aplikasi pelayanan kepegawaian di pusat tidak lepas dari tuntutan peningkatan pelayanan dengan prinsip efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

Ke depan, kesalahan data pegawai khususnya pegawai Pemda DIY yang berjumlah sekitar 7.200 bisa langsung direvisi dari BKD tanpa harus datang ke pusat.

Menurut dia, setelah proses integrasi Simpeg yang terintegrasi dengan pusat makan akan dikembangkan integrasi antar bidang di BKD, mulai dari penilaian pegawai, pendataan, proses rekrutmen CPNS.

“Integrasi antarbidang nanti pada dua tahun kedepan mulai dioperasionalkan,” tandas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya