Tutup Iklan

KENAIKAN HARGA ELPIJI : Harga Elpiji 12 Kg Naik, Pengusaha Katering Ancam PHK

 Ilustrasi elpiji 12 kg (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi elpiji 12 kg (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, BANDUNG — Kenaikan harga elpiji 12 kg pada 10 Agustus 2014 lalu berpotensi memicu pemutusan hubungan kerja (PHK) karena dunia usaha tidak mampu memenuhi kebutuhan biaya operasional yang kian membengkak.

Ketua Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Kota Bandung, Imas Momon, mengatakan kenaikan harga gas elpiji 12 kg tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada rasional pekerja. Dia beralasan, dengan menurunnya daya beli masyarakat, pengusaha jasa boga anggotanya kesulitan membayar gaji pekerja.

“Dalam waktu dekat ini kami akan segera berembuk untuk mengambil keputusan terkait kenaikan harga elpiji 12 kg. Karena kebijakan pemerintah itu sudah tentu akan menurunkan daya beli masyarakat yang berimbas pula pada bisnis kami,” katanya, Minggu (14/9/2014).

Menurutnya, setidaknya ada dua opsi yang bisa diambil pertama menaikkan harga jual produk katering atau merasionalisasi pekerja yang ada. Meski begitu, pengeluaran untuk gaji karyawan tidaklah sebesar kenaikan yang dialami harga kebutuhan pokok yang menjadi komponen utama usaha mereka.

Dalam tiga hari terakhir ini, pihaknya seringkali mendapatkan informasi dari anggota dan warga masyarakat mengenai dampak kenaikan harga elpiji 12 kg. Salah satu dampak tersebut adalah meroketnya harga cabai merah tiga kali lipat hampir Rp60.000 dari sebelumnya Rp15.000 per kg.

“Terus terang saja bagi kami pengusaha katering, berat dengan adanya kenaikan harga ini. Karena daya beli masyarakat akan semakin menurun dan harga kebutuhan pokok pun meroket. Kalau sudah begini, kami semakin dibuat bingung. Dengan menaikan harga khawatir tidak akan terkejar konsumen,” ujarnya.

Hal yang sama pun diwacanakan pengusaha hotel di Jawa Barat yang berencana memangkas sejumlah karyawannya akibat membengkaknya biaya operasional. Ketua PHRI Jawa Barat Herman Mochtar mengatakan kenaikkan harga elpiji 12 kg ini akan meningkatkan biaya pengeluaran hotel. Apalagi sebelumnya, sudah ada kenaikan harga tarif dasar listrik (TDL).

Dia memperkirakan para pelaku sektor tersebut melakukan sejumlah langkah agar bisnisnya tetap bergulir termasuk melakukan efisiensi. “Efisiensi menjadi salah satu opsi kami menyikapi naiknya harga elpiji 12 kg. Kenaikan itu membuat beban semakin berat. Pasalnya, kami harus mengalami kenaikan biaya operasional. Selain itu, persaingan pun kian ketat,” ujarnya.

Sekilas apabila hanya mengacu pada kenaikan harga elpiji 12 kg, hal itu tidak terlalu berpengaruh pada biaya operasional hotel. Akan tetapi, jika diakumulasikan, kenaikkan biaya operasional hotel berdasarkan kenaikan harga elpiji hanya sekitar Rp300.000-Rp600.000.

Permasalahannya bukan hanya itu, melainkan potensi terjadinya kenaikan harga jual komoditi lain. Apalagi, sebelumnya, PT PLN menaikkan tarif dasar listrik (TDL) yang segera disusul kenaikan tahap III. “Pelaku hotel kian menjerit. Okupansi drop, persaingan kian ketat, biaya operasional meningkat. Berat kalau kami menaikkan tarif kamar,” ucapnya.

Apindo Jawa Barat menilai kenaikan harga elpiji 12 kilogram memicu perusahaan harus menaikkan ongkos produksi sehingga bisa berdampak terhadap pengurangan pekerja. Ketua Apindo Jabar Dedy Widjaja menyatakan kenaikkan tersebut sangat memukul dunia usaha, terutama industri makanan dan minuman.

“Pemerintah harus mampu memberikan insentif terhadap industri kecil mamin karena berpotensi mengurangi karyawannya,” ujarnya. Dia menjelaskan lebih baik, ke depan pemerintah mencabut subsidi BBM guna memeratakan subsidi ke yang lain seperti elpiji.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

LDA Keraton Solo Gelar Kirab Budaya 90 Tahun Pakasa, Ini Foto-Fotonya

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Bupati Karanganyar: Anak Down Syndrome Pasti Punya Kelebihan Luar Biasa

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para orang tua yang memiliki anak down syndrom harus menerima dengan senang dan ikhlas. Sebab, buah hati itu adalah titipan dari Tuhan dan pasti memiliki kelebihan yang luar biasa.

Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Bagi yang merencanakan investasi pada tahun depan, emas bisa jadi pilihan. Emas disebut masih memiliki potensi yang positif untuk investor pada 2022 mendatang.

Musim Tanam Padi di Madiun, Pembelian Pupuk Bersubsidi Malah Dibatasi

Petani di Kabupaten Madiun mengeluhkan ketersediaan pupuk bersubsidi dan pembatasan pembelian per petak sawah per petani karena dinilai tidak sesuai kebutuhan.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Layanan Prodia Mobile Paling Diminati

Laboratorium Klinik Prodia Semarang terus mengoptimalkan pelayanan secara digital, dalam beberapa waktu terakhir

Hari Ibu Tanggal 22 Desember, Begini Sejarahnya di Indonesia

Bagaimana cerita sejarah awal mula Hari Ibu Nasional diperingati tanggal 22 Desember setiap tahunnya, ada yang tahu?

Korban Meninggal Erupsi Semeru Bertambah, BNPB Terus Perbarui Data

BNPB akan terus melakukan pemutakhiran data korban meninggal dalam bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kali terakhir tercatat 14 orang meninggal.

Profil dan Sepak Terjang Siskaeee, Pernah Buat Konten Mesum Bareng Ojol

Berikut ini terdapat profil dan sepak terjang Siskaeee, perempuan viral yang memamerkan payudara dan kemaluannya di Bandara YIA.

Dulu Evakuasi Mbah Maridjan, Kendaraan Ini Kini Diterjunkan ke Semeru

Sebanyak 2 unit Hagglund PMI dibantu personel Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY saat erupsi Merapi tahun 2010.

Lokasi WNA Ukraina Tersesat di Merbabu Ternyata Jadi Habitat Elang Jawa

Blok Tulangan yang menjadi lokasi penemuan warga negara asing (WNA) yang tersesat di lereng Gunung Merbabu ternyata menjadi habitat dari elang jawa yang terancam punah.