SOLOPOS.COM - Presiden terpilih Joko Widodo (kedua dari kanan) didampingi wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (kiri) dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani (kanan) menjawab pertanyaan wartawan seusai melakukan pertemuan tertutup di Jakarta Selatan, Selasa (26/8/2014). Pertemuan Jokowi-JK dengan pimpinan fraksi DPR dan partai pendukung ini dilakukan untuk menentukan langkah politiknya ke depan. (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Ray Rangkuti mengingatkan pada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak tergesa-gesa menaikkan atau mencabut subsidi BBM. Menaikkan harga BBM bisa membuat pamor Jokowi runtuh.

Ray Rangkuti mengatakan Jokowi harus berani melihat lebih jauh terkait akar permasalahan yang menimbulkan kelangkaan BBM bersubsidi dan defisit anggaran pemerintah ke depan. Baca: Harga BBM Tidak Naik, Rupiah Bisa Tembus Rp14.000/dolar AS.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya pikir Jokowi jangan dulu bicara kenaikan [harga] BBM atau bagaimana mencabut subsidi, lebih baik dia berani atau tidak mencokok mafia yang ada di beberapa sektor pemerintahan,” kata Ray pada diskusi di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Rabu (3/9/2014).

Menaikan harga BBM bersubsidi, kata Ray Rangkuti, akan menimbulkan kesan bahwa Jokowi tidak jauh berbeda dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dilihat dari segi karakter atau gaya kepemimpinannya. Dia menganjurkan agar secepatnya Jokowi memulai pergerakan untuk bisa mereformasi birokrasi seperti janjinya pada saat kampanye dulu.

Dengan begitu, dia akan dinilai masyarakat sebagai presiden yang didambakan rakyat. “Namun, apabila gaya Jokowi sama dengan SBY, maka lihat saja nanti, pamor dia akan runtuh gara-gara terlau cepat mengambil tindakan menaikan harga BBM,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya