SOLOPOS.COM - Halte bus Trans Jogja (JIBI/dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Sopir dan awak bus Trans Jogja belum menentukan sikap terkait rencana kenaikan gaji mereka.

Ketua Serikat Pekerja Crew PT JTT Totok Yulianto mengatakan secara resmi awak kru Trans Jogja belum memberikan sikap terkait kenaikan gaji tersebut.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Namun, dia secara pribadi berpendapat, kenaikan tersebut masih minim karena jauh dari tuntutan yang diserukan sejak awal. “Kami akan koordinasikan dengan rekan-rekan apakah akan menolak atau menerima kenaikan gaji tersebut,” ujanya, Selasa (29/4/2014).

Totok beralasan, dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di tahun lalu membuat harga kebutuhan sehari-hari meningkat. Terlebih lagi, dalam lima tahun terakhir, gaji pegawai Trans Jogja belum pernah naik.

“Sejak BBM naik, semua barang ikut naik. Namun, seputar gaji baru itu akan dikoordinasikan dengan anggota lainnya,” tambahnya.

Rencananya, Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan kerja sama Pemda DIY-PT JTT akan diparipurnakan pada Jumat (2/5/2014). Dalam pembahasan terakhir Senin (28/4/2014) kemarin, Pansus DPRD DIY dan Pemda sudah menyepakati materi dalam raperda tersebut, termasuk besaran biaya operasional kendaraan (BOK) dan gaji untuk kru Trans Jogja.

Untuk diketahui, DPRD DIY menyepakati kenaikan gaji awak bus Trans Jogja. Adapun kenaikannya, untuk sopir naik sekitar dua kali lipat dari UMK Kota Jogja plus uang dinas (uang makan dan trasport) Rp520.000 per bulan.

Sedangkan untuk kondektur mendapatkan kenaikan 1,5 kali lipat dari UMK Kota Jogja. Sama dengan sopir, kondektur juga mendapatkan jatah makan dan transport sebesar Rp520.000 per bulan.

Jadi nantinya, sopir yang semula mendapatkan bayaran Rp2 juta naik menjadi Rp2.866.600. Rinciannya gaji pokok Rp2.346.600 dan uang dinas Rp520.000. Sedangkan gaji kondektur sebelumnya Rp1,6 juta naik menjadi Rp2.279.950. Rinciannya gaji pokok Rp1.579.950 dan uang dinas Rp520.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya