SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengecek embusan udara AC Mobil (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini kemungkinan penyebab AC mobil dingin hanya sebentar. AC atau air conditioner/air conditioning pada mobil memiliki peran penting untuk kenyamanan sopir atau penumpang.

Kerusakan atau masalah pada AC membuat suhu di dalam kabin, khususnya di siang hari menjadi panas sehingga membuat tidak nyaman.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika AC mobil dingin hanya sebentar. Berikut ini kemungkinan penyebabnya, dikutip dari Doktermobil.

 

Ketahui Penyebab AC Mobil Dingin Hanya Sebentar

Mengetahui penyebab kerusakan yang menyebabkan AC mobil dingin cuma sebentar cukup penting agar yang menggunakan mobil dapat mengetahui:

 

Apa saja komponen yang rusak

Hal ini penting agar kita tidak perlu mengganti spare part yang masih baik dengan spare part baru.

Apa saja penyebab kerusakan komponen tersebut

Hal ini penting agar kita dapat menginstrospeksi diri sehingga dapat mencegah terjadinya kejadian yang sama

 

Penyebab AC Mobil Dingin Hanya Sebentar

AC mobil yang tidak dingin terjadi karena banyak sekali faktor. Saking banyaknya faktor yang menjadi ‘penyumbang’ penyebabnya, hal ini menyebabkan diagnosa bengkel yang satu dengan bengkel lainnya sering kali berbeda. Beberapa penyebab AC mobil tidak dingin adalah:

 

Adanya masalah pada freon

Adapun beberapa masalah pada freon AC mobil yang menyebabkan AC mobil dingin cuma sebentar tersebut meliputi:

  • Freon AC habis

Freon AC mobil ini biasanya tidak bisa habis. Sebab freon terlindungi di dalam tempat penyimpanannya. Sehingga jika freon AC mobil habis, hal ini bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada saluran AC.

 

  • Freon kehilangan kualitasnya

Biasa terjadi karena freon terlalu sering menerima panas, baik panas dari mesin, maupun knalpot. Selain itu, freon yang tercampur kotoran dari luar juga dapat menyebabkan hilangnya kualitas freon.

 

  • Freon tersumbat atau beku

Freon terkadang membeku di saluran AC dan menyebabkan tersumbatnya aliran freon. Hal ini menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin karena suplai refrigerant kurang/terganggu.

 

Rusaknya Komponen AC Mobil

Beberapa komponen AC yang jika rusak akan menyebabkan AC mobil tidak dingin adalah sebagai berikut:

 

Magnetic clutch bermasalah

Rusak atau tidak berfungsinya magnetic clutch akan menyebabkan sistem A/C tidak lagi jalan sehingga tidak ada tekanan yang mendorong freon dari center piece ke sistem AC.

Selain menyebabkan AC mobil tidak dingin, rusaknya magnetic clutch dapat menyebabkan AC mobil menjadi berisik.



 

Sekering

Sekering sejatinya angat berguna untuk membantu mencegah lonjakan listrik yang berlebihan dapat menyebabkan ledakan. Namun, putusnya sekering akan menyebabkan arus listrik tidak dapat mengalir ke kompresor. Akibatnya AC mobil menjadi tidak dingin karena kompresor gagal menyalurkan sirkulasi freon.

Demikian informasi tentang kemungkinan penyebab AC mobil dingin hanya sebentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya