Kemudahan dalam Genggaman BRIlink di Pelosok Jenawi
Fera Ayu Saputri dan Siti Rohani dari SMKN Jenawi Karanganyar (Istimewa-dokumen pribadi)

Indonesia saat ini sedang melaju dalam menerapkan revolusi industri 4.0. Kehadiran industri 4.0 menjadi bukti bahwa perkembangan industri teknologi menjadi kebutuhan primer dalam kemajuan suatu negara. Teknologi dapat mendorong perekonomian suatu Negara dari tradisional ke arah ekonomi digital modern.

Perkembangan bisnis di dunia perbankan pada saat ini semakin luas, baik meningkatnya beragam produk bank, maupun jasa bank yang ditawarkan. Peran perbankan saat ini sangat diperlukan oleh nasabah baik perorangan maupun perusahaan, sehingga hal tersebut menjadi peluang utama bagi bank untuk menghimpun nasabah. Dengan adanya persaingan tersebut, maka bank berlomba-lomba untuk menghimpun nasabah dimanapun tempatnya. Salah satunya dengan cara mendirikan cabang yang tersebar di berbagai kota hingga desa.

Faktanya pelayanan perbankan belum dapat dinikmati di pelosok desa yang mengakibatkan masyarakat tidak mampu untuk mendapat pelayanan keuangan yang lebih aman, cepat dan mudah. Akses menuju bank yang dinilai sulit serta tidak tersedianya fasilitas e-banking untuk penunjang pelayanan keuangan yang lebih mudah dan fleksibel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu. Sehingga masyarakat kesulitan dalam melakukan transaksi perbankan ditambah dengan transportasi umum yang sangat terbatas.

Salah satunya terjadi di wilayah Jenawi yang memiliki daerah luas dan pelosok yang mengakibatkan sebagian masyarakat mengalami kesulitan untuk melakukan transaksi keuangan di bank.

Di era digital seperti saat ini perkembangan Ekonomi Digital memiliki potensi besar untuk perkembangan bisnis dengan produksi elektronik dan proses manajemen yang berinteraksi dengan mitra pelanggan yang melakukan transaksi melalui Internet dan Web teknologi, PT. Bank Rakyat Indonesia sebagai bank terkemuka yang dapat menjangkau nasabah hingga pelosok negri turut serta memperluas layanan jasa perbankan yang dapat dinikmati oleh seluruh nasabah, khususnya bagi nasabah yang memiliki keterbatasan akses untuk menuju kantor cabang maupun unit kerja untuk melakukan transaksi, yaitu melalui Agen BRILink.

BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI menjalin kerjasama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara realtime online menggunakan fiture EDC Mini ATM BRI dengan konsep sharing fee.

Melalui Agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan yang sama seperti halnya di kantor BRI pada umumnya. Dari sisi funding, produk yang disediakan Agen BRILink adalah Tabunganku dengan karakteristik Basic Saving Account (BSA), yakni produk tabungan yang dapat diakses langsung melalui Agen BRILink terdekat tanpa dikenakan biaya administrasi, dengan biaya transaksi yang lebih murah daripada transaksi regular.

Sedangkan dari sisi lending, Agen BRILink bisa melayani permohonan kredit Kupedes dan Kupedes Rakyat, di mana Agen BRILink bertindak sebagai pencatat permohonan serta sebagai pemberi referral terhadap permohonan tersebut.

Tak hanya funding dan lending, Agen BRILink juga bisa memberikan jasa layanan perbankan lainnya. Dengan dilengkapi perangkat Electronic Data Capture (EDC), layanan jasa perbankan yang bisa diberikan oleh Agen BRILink meliputi setor tarik tunai, pembayaran angsuran pinjaman BRI, transfer antar rekening perbankan, pembelian pulsa telpon, Token Listrik PLN, dan pelayanan perbankan lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Berdasarkan wawancara dengan Agen BRILink di Desa Balong, Jenawi mengungkapkan “Dengan adanya Agen BRILink ini, masyarakat bisa melakukan transfer, tarik tunai, setoran pembayaran, tagihan listrik PLN, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, Gopay, OVO, layanan referral pembukaan rekening tabungan, pinjaman dan berbagai transaksi lainnya.” (Danang, 30-12-2020).

“Proses untuk menjadi Agen BRILink ini biasanya kita ditawari oleh pihak Bank BRI, dalam rangka pihak BRI mengembangkan layanan yang dapat menjangkau masyarakat di daerah terpencil perdesaan, maka sekarang dimana-mana ada BRILink untuk memudahkan akses keuangan masyarakat” kata Gading, Agen BRILink Desa Balong. Jenawi, Rabu (30/12).

Dengan mengembangkan layanan BRILink, BRI merekrut pemilik usaha untuk menjadi Agen BRILink guna memberikan layanan perbankan di daerahnya. BRILink sendiri mempunyai kelebihan yaitu, melakukan transaksi dengan cepat dan hemat waktu, transaksi bisa kapan saja tidak terkait jam kantor, bisa setor ke rekening Bank lain (selain Bank BRI), bisa tarik uang bukan cuma setor atau transfer, bisa tarik uang tanpa limit dengan menggunakan kartu ATM BRI, Transaksi bervariatif dan siapapun bisa melakukan transaksi tunai disini.

“Dengan adanya BRILink ini kita jadi mudah melakukan transfer atau tarik tunai, apalagi bagi kita yang tidak mempunyai kartu ATM untuk mengirimnya” kata Rico, Pelanggan BRILink. Jenawi (30/12).

Selain kelebihan BRILink juga mempunyai kelemahan yaitu, setiap transaksi dikenakan biaya, jumlah uang transaksi dibatasi, tidak bisa cetak buku tabungan.

Walaupun demikian BRILink mempunyai manfaat, pertama bagi Agen BRILink sendiri sebagai tambahan penghasilan disamping usaha inti yang sedang dijalankan. Kedua bagi masyarakat, masyarakat bisa mendapatkan layanan perbankan lebih dekat, praktis dan lebih nyaman tanpa pergi ke kantor Bank.

“Transaksi BRILink lebih mudah, praktis, tidak harus ke Bank BRI yang jauh dan BRILink disetiap tempat ada” kata Dian, Pelanggan BRILink. Jenawi (30/12).

Dalam situasi pandemi Covid seperti saat ini, Agen BRILink bisa menjadi alternatif solusi bagi masyarakat yang ingin transaksi perbankan dan menghindari kerumunan. Tak perlu antri ke kantor Bank, mereka dapat bertransaksi dengan mendatangi AgenBRILink di sekitar tempat tinggalnya.

Disisi lain BRILink mempunyai kendala yang dapat menjadikan penghambat bagi Agen untuk melayani transaksi nasabah BRILink. Terhambatnya transaksi pada BRILink diakibatkan oleh cuaca buruk yang sedang melanda wilayah lokasi BRILink, seperti hujan lebat serta badai yang mengakibatkan sinyal pada EDC BRILink mengalami gangguan yang dapat mengakibatkan transaksi gagal maupun tertunda.

Berdasarkan artikel ini, dapat disimpulkan bahwa pelayanan Agen BRILink dapat membantu masyarakat di Jenawi untuk memudahkan transaksi perbankan, hal ini ditunjukkan dengan masyarakat pedesaan yang mulai menggunakan pelayanan Agen BRILink. Sehingga perkembangan perekonomian masyarakat dapat tercapai dengan kemudahan dalam genggaman BRILink hingga ke pelosok Jenawi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom