KEMISKINAN JATENG : Kapolda Sebut Kecelakaan Lalu Lintas Picu Kemiskinan, Ini Alasannya…
Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono. (JIBI/Solopos/Antara/I Citra Senjaya)

Kemiskinan menurut Kapolda Jateng juga bisa disebabkan kecelakaan lalu lintas.

Solopos.com, SEMARANG — Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono menyebut kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kemiskinan yang sistematis di masyarakat Jateng.

"Sangat memprihatinkan, kecelakaan lalu lintas secara sistematis berdampak terhadap kondisi perekonomian," kata Kapolda dalam amanatnya saat apel pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2018 di Kota Semarang, Jateng, Senin (5/3/2018).

Ia menjelaskan kecelakaan yang mengakibatkan kematian atau cacat tubuh dapat berdampak terhadap stabilitas perekonomian. "Misal, seorang kepala keluarga meninggal karena kecelakaan lalu lintas, tentu anggota keluarga yang ditinggalkan akan semakin merosot tingkat perekonomiannya karena ditinggal kepala keluarganya," katanya.

Contoh lain, kata dia, jika seorang anak mengalami cacat akibat kecelakaan lalu lintas, tentu dibutuhkan biaya lebih untuk membiayai pengobatan serta kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, menurut dia, asuransi sekalipun tidak akan banyak membantu kondisi tersebut.

Menurut dia, berbagai kegiatan masyarakat tidak terlepas dari arus lalu lintas. Setiap kecelakaan lalu lintas, lanjut dia, selalu didahului oleh pelanggaran lalu lintas. "Misalnya terburu-buru karena sudah terlambat sehingga menerobos lampu lalu lintas," katanya.

Oleh karena itu pada operasi lalu lintas kali ini, ia meminta petugas melaksanakan tugas kemanusiaan untuk keselamatan warga masyarakat. Ia meminta petugas bertindak profesional namun jangan sampai menyulitkan masyarakat. Kapolda mempersilakan pelanggaran yang dinilai membahayakan pengendara maupun pengguna jalan lainnya untuk ditindak tegas.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom