SOLOPOS.COM - Vladimir Putin di salah satu yahct-nya. (Daily Mail)

Laporan Kemewahan Putin (Daily Mail)

Istana, kapal pesiar, jam tangan emas putih, hingga toilet senilai 47.000 poundsterling atau sekitar Rp681,5 juta, hanyalah sejumlah kecil keistimewaan yang dinikmati Vladimir Putin sebagai presiden Rusia. Setidaknya, itu menurut sebuah laporan terbaru yang diungkapkan baru-baru ini oleh Boris Nemtsov, seorang mantan wakil perdana menteri Rusia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nemtsov memperkirakan, pemeliharaan rutin hanya untuk tempat tinggal, jet-jet dan mobil-mobil Putin mencapai Rp23,2 triliun setahun. Padahal, dalam sebuah konferensi pers pada 2008, pria yang kembali menduduki kursi kepresidenan Rusia setelah sempat “turun tahta” itu menyebut hidupnya saat menjabat tak berbeda jauh dengan “budak kapal”.

Namun, daftar kemewahan yang dinikmati Putin seperti pengungkapan Nemtsov itu menjungkirbalikkan pengakuannya sekaligus mengundang berbagai kritik. Seperti dilansir Daily Mail, Nemtsov menyebutkan daftar kemewahan Putin dalam dokumen setebal 32 halaman.

Daftar ini berisi mulai dari 58 pesawat dan helikopter, 20 rumah lengkap dengan perabot super mewah, hingga 11 arloji yang masing-masing senilai beberapa kali gaji tahunan Putin. Diterbitkan dengan judul ironis, Gaya Hidup Budak Kapal, dokumen itu menyebut pengeluaran mewah Putin sebagai penghinaan terhadap jutaan rakyat Rusia yang hidup dalam kemiskinan.

Salah satu kemewahan Putin yang dibahas dalam laporan itu adalah sebuah yacht mewah sepanjang 53,7 meter, lengkap dengan interior mewah, kolam spa, air terjun dan bar anggur penuh dengan minuman anggur nomor satu di dunia. Selain foto 11 arloji mewah yang pernah tertangkap kamera melingkar di pergelangan Putin, laporan itu juga dilengkapi dengan daftar sejumlah rumah, jet, helikopter dan mobil mewah Putin, berdasarkan berbagai sumber yang pernah diterbitkan media-media Rusia.

Putin telah lama membantah rumor dirinya telah menimbun kekayaan pribadi yang sangat besar jumlahnya. Namun, setidaknya ada tambahan sembilan rumah mewah dalam daftar kekayaan mantan agen mata-mata dinas intelijen KGB itu sejak menjabat sebagai presiden pada 2000.

Atas kemunculan laporan kontroversial itu, Kremlin yang selama ini selalu mencitrakan Putin, 59, sebagai seorang pria sederhana dengan minat besar terhadap berbagai jenis olah raga populer, tidak segera berkomentar. Nemtsov sendiri mengaku sempat kesulitan mendapatkan media yang bersedia memublikasikan daftar kekayaan Putin tersebut.

Vladimir Putin di salah satu yahct-nya. (Daily Mail)

Daftar kemewahan Hidup Putin:

1. 20 Istana dan vila mewah

2. 15 helikopter

3. 43 Pesawat, termasuk jenis Airbus, dua jet eksekutif Dassault Falcon dan Ilyushin Il-96 yang dilengkapi  peralatan dan perhiasan senilai US$11 plus toilet US$75.000

 4. Yacht sepanjang 53,7 meter yang dilengkapi kolam spa, air terjun dan bar anggur

5. 11 Jam tangan mewah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya