Kementan Sabet Penghargaan KPPU Award 2020

Kementan juga berhasil meraih penghargaan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Nasional di 4 Unit Pelaksana Teknis.

 Mentan SYL (Instimewa)

SOLOPOS.COM - Mentan SYL (Instimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memperoleh penganugerahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Award pada Tingkat Madya Kategori Kemitraan, Selasa (15/12/20/2020). Penghargaan untuk Kementan ini diterima dalam rangkaian kegiatan dari Diseminasi dan Penganugrahan Adaptasi Persaingan Usaha Sehat dan Pola Kemitraan Ideal dalam Kebijakan Pemerintah.

PromosiPembangunan Kawasan Inti Ibu Kota Baru Masih Menunggu Alokasi Biaya

KPPU Award diberikan kepada berbagai lembaga di pemerintahan pusat dan provinsi guna mengapresiasi dukungan dan upaya pemerintah mendorong nilai-nilai persaingan usaha menjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi yang sejalan dengan prinsip persaingan usaha sehat.

Kementan di bawah kepemimpinan Mentan SYL dinilai berhasil melakukan upaya dalam menegakkan persaingan usaha melalui membangun kemitraan usaha, korporasi petani, termasuk pelayanan perijinan online, pengadaan e-katalog, wirausaha petani milenial, hilirisasi produk pertanian skala rumahan dan industri kecil, transparansi dll.

Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong PPL Kuasai Kemampuan Teknologi

“Suatu penghargaan yang luar biasa kami menerima penghargaan KPPU Award 2020 ini. Penghargaan ini sangat penting karena mencerminkan sebuah proses di Kementerian Pertanian dengan baik dan kerja sama dengan mitra. Pertanian menjadi kekuatan negara dan tahun 2020 hingga tahun berikut dengan semangat KPPU Award ini menjadi kekuatan bagi petani di seluruh Indonesia untuk menyediakan pangan 273 juta lebih penduduk Indonesia,” kata SYL.

Selain itu, perolehan penghargaan ini turut menambah prestasi kinerja Kementan. Dalam periode tahun 2020 juga berhasil memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Kementan dan Asosiasi Dorong Budidaya dan Ekspor Aren

Data BPS mencatat sepanjang Januari hingga September 2020, kontribusi PDB pertanian tersebut sebesar 2,15%, sementara perhatian pertumbuhan sektor lain yakni perdagangan -5,03%, konstruksi -4,52%, jasa keuangan -0,95%.

Selanjutnya, Nilai Tukar Petani (NTP) sepanjang Oktober 2020 naik 0,58% atau 102,25, dibandingkan NTP September 2020 sebesar 101,66. Begitupun Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) untuk periode pada November 2020 secara keseluruhan naik 0,84%.

Penghargaan Lainnya

Selain meraih penghargaan KPPU, Kementan juga telah meraih banyak penghargaan selama Kepemimpinan Mentan SYL. Yakni penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP) atas capaian sebagai Badan Publik Informatif, TOP Digital Implementation on Ministry 2019.

Kemudian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan Kementan sebagai kementerian terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik selama 2019.

"Kementan juga berhasil meraih kembali penghargaan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi Nasional oleh Menteri PAN-RB di 4 Unit Pelaksana Teknis," beber SYL.

Satu Tahun Kerja, Mentan Minta Pertajam Program Yang Sudah Berjalan

Perhargaan lainnya, sambung SYL, yakni Kementan menerima penghargaan dengan kategori AA (Sangat Memuaskan) pada Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kementan pun meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi penghargaan kepada Kementan berupa sertifikat bertajuk Aksi Nasional Pencegahan Korupsi (ANPK). Kemudian mendapat penghargaan Pengelolaan Barang dan Jasa 2020 dengan kategori paling transparan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun dianugrahi penghargaan dedikasi dan pengabdian tanpa batas dalam acara Gatra Awards 2020. Mentan SYL mendapat apresiasi besar sebagai menteri yang mampu mendorong ketahanan serta ekapor pangan selama pandemi Covid-19.

Ini Jurus Kementan Dalam Mengantisipasi Badai La Nina

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Berita Terkini

B20 Inception Meeting, Upaya Akslerasi Pertumbuhan Ekonomi Global

Dalam Presidensi G20 diupayakan penciptaan ide-ide baru yang diwujudkan melalui berbagai aksi nyata bagi kehidupan masyarakat lintas batas dan lintas negara.

Solo Zaman Dulu: Gemerlap Berkat Listrik Mangkunegaran

Kondisi Kota Solo zaman dulu, tepatnya masa kolonial Belanda ternyata sudah gemerlap berkat perusahan listrik yang didirikan pihak Kadipaten Mangkunegaran.

Kampus MBKM Berstandar Internasional ITSK Sugeng Harto Buka 3 Prodi

Institut Teknologi Sains dan Teknologi (ITSK) merupakan kampus MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) memiliki tiga program studi S1- Bisnis Digital, S1- Informatika, S1- Gizi. (Istimewa)

+ PLUS Pencanangan 2022 Sebagai Tahun Toleransi Belum Dipahami Publik

Pencanangan 2022 sebagai tahun toleransi menemukan momentum tepat. Segregasi sosial dan pertentangan luas di masyarakat akibat politik identitas pada 2017 dan 2019 tidak boleh terulang pada 2024.

Panen Kritik, Doa Yusuf Mansur: Semoga Tidak Ada Benih Permusuhan

Ustaz Yusuf Mansur berdoa agar kritikan yang dialamatkan kepadanya tidak berujung pada benih-benih perpecahan.

Dibanding Era Soeharto, Netizen Lebih Setuju Harga Murahan Sekarang

Netizen membandingkan murahnya harga barang era Presiden II RI, Soeharto dengan zaman sekarang untuk mengenang meninggalnya 14 tahun Pak Harto.

+ PLUS Di Balik Rendahnya Konsumsi Buah, Ada Pangsa Pasar Besar di Luar Negeri

Tingginya produktivitas buah-buahan di dalam negeri tidak dibarengi dengan peningkatan konsumsi buah di masyarakat. Ekspor buah menjadi solusi atas meningkatnya produktivitas buah itu.

Akademi Komunitas Negeri Pacitan Belajar Kehumasan ke UNS Solo

UPT Hubungan Masyarakat (Humas) dan Media Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima kunjungan dari Tim Humas Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan.

+ PLUS Umat Konghucu Sambut Tahun Baru Imlek dengan Lima Ritual Ibadah

Bagi umat Konghucu perayaan tahun baru Imlek adalah perayaan keagaman. Bagi warga Tionghoa secara umum, perayaan tahun baru Imlek adalah ungkapan syukur sekaligus harapan tentang kehidupan yang lebih baik.

10 Berita Terpopuler: Alas Wingit Ketonggo Ngawi-Warisan Pengusaha Asia

Alas Ketonggo di Ngawi, Jatim menjadi salah satu tempat wingit yang menyimpan misteri dan warisan pengusaha terkaya Asia dari Semarang menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Jumat (28/1/2022).

Yusuf Mansur Doakan Semua Orang yang Mengkritik Dirinya

Yusuf Mansur bahkan mendoakan semua orang yang mengkritik dirinya agar diberi panjang umur dan kebaikan.

Solopos Hari Ini: Desakan Evaluasi PTM Menguat

Lonjakan kembali kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memperkuat desakan agar pemerintah meninjau ulang kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Salim Said Nilai Mega Tak Tulus Dukung Jokowi

Salim menilai Megawati mendukung Jokowi karena tidak ada pilihan lain mengingat elektabilitas politikus asal Solo itu pada 2014 tak terbendung.

Pendidikan Sangat Penting untuk Bekal Memasuki Era Metaverse

Metaverse adalah teknologi penyedia peluang-peluang baru sekaligus mengandung ancaman-ancaman baru. Butuh ketangguhan kepribadian memasuki era teknologi ini agar inovatif dan tak diperbudak.

Sejarah Hari Ini: 28 Januari 1871 Pengepungan Paris Berakhir

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Januari.

Jokowi Dorong G20 dan B20 Aktif di Pemulihan Ekonomi Global

Presiden mengatakan Covid-19 mengajarkan pada semua pihak bahwa pandemi bukan hanya menjadi masalah namun sekaligus menjadi peluang untuk tumbuh lebih baik.