SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (istimewa/Kementan)

Solopos.com, JAKARTA--Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah komando Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berhasil kendalikan pasokan dan harga 11 komoditas pangan strategis jelang hingga pasca-Idulfitri 1442 H. Termasuk pada komoditas aneka cabai dan bawang merah yang tidak bergejolak pada Lebaran tahun ini.

Bukan hal yang asing jika harga kedua komoditas hortikultura itu selalu pedas jelang lebaran. Namun tahun ini lain cerita. Stok cukup dan harga stabil, bahkan Harga di Pasar Induk Kramat Jati berangsur turun sejak 3 hari jelang lebaran hingga Senin (17/5/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Harga cabai merah keriting pada H-3 lebaran Rp35.000 menjadi Rp30.000 pada H-1 dan terus turun hingga Rp20.000 pada H+4 lebaran. Hal yang sama juga terjadi pada cabai merah besar yang mulanya Rp50.000/kg turun menjadi Rp35.000/kg hingga Rp25.000/kg.

Cabai rawit merah pun demikian, sempat menyentuh Rp50.000/kg pada H-3 namun kembali turun menjadi Rp40.000/kg pada H-1 dan Rp33.000/kg pasca-Lebaran. Cerita yang sama pada komoditas bawang merah dan bawang putih yang harganya cenderung lebih stabil jelang hingga pasca lebaran. Harga bawang merah pada kisaran Rp20.000-Rp23.000/kg dan bawang putih Rp18.000-Rp19.000/kg.

Baca Juga: Gojek dan Tokopedia Bentuk GoTo, Ini Harapan Besar Pemerintah

Upaya Antisipasi

Diwawancara di tengah-tengah kesibukannya, Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa semua keberhasilan itu tak lepas dari kinerja semua pihak. Khususnya Jajaran Kementerian Pertanian yang telah mengkalkulasikan kebutuhan dan ketersediaan secara tepat sejak Januari 2021 serta melakukan upaya-upaya nyata antisipasi stok.

Beberapa upaya nyata yang telah dilakukan Ditjen Hortikultura, Kementan dalam pengamanan pasokan dan harga khususnya aneka cabai dan bawang antara lain mengawal dan memastikan luas tanam cabai bulan Oktober 2020-Februari 2021 mencukupi kebutuhan produksi bulan April-Mei dan luas tanam bawang merah bulan Januari-Februari mencukupi kebutuhan produksi bulan April-Mei.

Prediksi Kementan, hasil produksi bawang merah di bulan April-Mei tidak mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan di bulan tersebut, namun secara kumulatif masih dapat dipenuhi dari stok bulan sebelumnya serta ditopang dengan hasil panen yang cukup berlimpah di Madura untuk pengamanan stok di off season, jika luas tanam tidak mencukupi maka kebutuhan masih mampu dipenuhi dari stok hasil panen bulan sebelumnya.

Baca Juga: Larangan Mudik, KAI Semarang Layani 4.152 Penumpang dengan KA Jarak Jauh

Ditjen Hortikultura juga mengalokasikan bantuan pengembangan kawasan cabai seluas 5.095 ha dan bantuan benih seluas 1.055 ha pada tahun 2020 yang sebagian besar tertanam pada akhir tahun 2020. Bantuan kawasan bawang merah seluas 3.900 ha dan bawang putih2.500 ha. Dibarengi dengan Gerakan Pengendalian OPT dan Dampak Perubahan Iklim (DPI) pada beberapa wilayah sentra cabai bawang sehingga produksi terjaga.

Dengan keberhasilan upayanya itu, Anton juga mengungkapkan rasa syukurnya karena dengan stok dan harga yang stabil masyarakat dapat menjalankan ibadah ramadhan dan merayakan Idul Fitri dengan nyaman.

"Kita patut berbangga hati atas keberhasilan itu, namun tak boleh lengah mengawal pertanaman dan produksi untuk memastikan ketersediaan Idul Adha juga aman," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya