SOLOPOS.COM - Stan pembuatan paspor keliling Kemenkumham di halaman parkir Stadion Manahan, Jumat (25/8/2017). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Kementerian Hukum dan HAM membuat pelayanan pembuatan paspor keliling di kompleks Stadion Manahan Solo.

Solopos.com, SOLO — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Jateng membuka stan pelayanan pembuatan paspor keliling di halaman parkir Stadion Manahan, Jumat-Minggu (25-27/8/2017).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pelayanan pembuatan paspor keliling tersebut untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat paspor. Direktur Lalu lintas (Lalin) Keimigrasian Direktorat Imigrasi Kemenkumham, Cucu Koswala, mengatakan Kememkumham membuat terobosan baru terkait pembuatan paspor di wilayah Soloraya.

Selama ini pembuatan paspor hanya dipusatkan di kantor induk Imigrasi di Colomadu, Karanganyar. “Kami bikin terobosan baru dengan membuat pelayanan paspor keliling. Masyarakat sekarang lebih mudah untuk membuat paspor dengan memanfaatkan pelayanan ini,” ujar Cucu saat ditemui wartawan di stan Pameran Nasional Gerakan Nasional Revolusi Mental dan Inovasi Pelayanan Publik di halaman Stadion Manahan, Jumat.

Menurut Cucu, pelayanan pembuatan paspor di mobil keliling sama dengan pelayanan di kantor induk. Masyarakat cukup membawa syarat seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan ijazah kepada petugas penjaga pembuatan paspor keliling.

Setelah syarat lengkap pemohon akan dilakukan wawancara, pengambilan sidik jari, dan pemotretan. “Paspor yang telah selesai dibuat dapat diambil di kantor induk imigrasi Surakarta dengan menunjukkan bukti pembayaran dan pendaftaran pembuatan paspor keliling. Kami sekarang melakukan jemput bola ke masyarakat yang ingin membuat paspor,” kata Cucu.

Ia mengatakan sementara ini baru ada satu unit mobil bantuan dari Kemenkumham wilayah Jateng untuk pelayanan pembuatan paspor keliling. Dua orang petugas disiapkan untuk melayani masyarakat membuat paspor.

“Kami juga membuka pelayanan pembuatan paspor keliling di CFD [car free day] Jl. Slamet Riyadi setiap Minggu di depan Plaza Sriwedari. Warga Solo yang mau membuat atau perpanjang paspor dipersilakan datang di lokasi yang telah ditetapkan,” kata dia.

Kemenkumham, lanjut dia, dalam waktu dekat juga akan membuka Unit Layanan Paspor (ULP) di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo. ULP baru tersebut untuk melayani masyarakat dari tiga daerah yakni Sukoharjo, Wonogiri, dan Klaten.

“Kami menargetkan ULP di Solo Baru akan mulai beroperasi akhir tahun ini. Kemenkumham juga akan membuat ULP di Solo untuk melayani warga Sragen dan Solo,” kata dia.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Jateng, Ramli H.S., mengatakan Kemenkumkam akan melihat antusiasme masyarakat terlebih dulu soal pelayanan pembuatan paspor keliling. Kalau banyak warga yang memanfaatkan pelayanan ini akan ditambah lokasinya bisa di mal atau Balai Kota Solo agar tidak terjadi penumpukan di kantor induk imigrasi.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama dalam pembuatan paspor,” kata dia.

Seorang warga Sragen, Sukarni, mengaku mendapatkan informasi dari teman ada pelayanan pembuatan paspor keliling di Stadion Manahan. “Saya rencananya ke Singapura untuk berlibur. Pelayanan ini sangat membantu warga tanpa harus repot mengantre lama di kantor induk imigrasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya