Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

 Petugas mengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya saat hari pertama larangan mudik di kota setempat, Kamis (6/5/2021). (Antara)

SOLOPOS.COM - Petugas mengatur lalu lintas kendaraan yang akan masuk ke Kota Surabaya saat hari pertama larangan mudik di kota setempat, Kamis (6/5/2021). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa. Menyadari hal itu, Kemenhub terus menyosialisasikan imbauan tidak mudik kepada masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku telah melaporkan kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait dengan pantauan aktivitas masyarakat selama periode larangan mudik 2021. Menhub memaparkan pada 22 April–5 Mei 2021 telah terjadi kenaikan jumlah masyarakat yang keluar dari tempat asal mereka sebanyak 20%–30%.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pada periode tersebut, Kemenhub telah memperketat syarat perjalanan dengan melakukan tes PCR, swab antigen hingga Ge Nose selama satu hari. Dengan demikian, lanjutnya banyak yang melakukan mudik terlebih dahulu dari sebelum 6 Mei 2021.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Jujur & Bisa Dipercaya

“Dari pantauan yang kami lihat dari survei. Mudik masih terjadi lagi besok dan lusa. Oleh karena itu kami mengimbau agar tidak mudik karena itu lebih baik,” ujarnya, Senin (10/5/2021).

Sementara itu, lanjutnya, kepada masa peniadaan mudik 6–9 Mei 202, pergerakan masyarakat ditengarai Kemenhub mengalami penurunan, termasuk di sektor transportasi udara hingga 93%, kereta api hingga 90%, serta transportasi darat hingga 40%. Menteri yang akrab disapa BKS tersebut mengapresiasi masyarakat memberikan respons yang baik.

“Kami mengapresiasi Polri dan pemda dalam upaya yang baik melakukan penyekatan. Kami juga  melakukan kunjungan ke Merak, Bakauheni, dan Brebes telah terjadi penurunan signifikan hingga 90%. Di sisi lain logistik hanya turun 3% sampai 5%,” imbuhnya.

14 Simpul Transportasi Utama

Berdasarkan data tersebut, sambungnya, rencana peniadaan mudik Kemenhub kepada penumpang dan memberikan seluas-luasnya pergerakan logistik dapat terealisasikan dengan baik.  Adapun berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Terpadu Pengendalian Transportasi Pada Masa Mudik Idulfitri 1442H/2021, Minggu (9/5/2021), sebanyak 14.751 penumpang berangkat melakukan perjalanan nonmudik di 14 simpul transportasi utama.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 5,24% dibandingkan dengan jumlah pergerakan pada hari sebelumnya, yaitu 15.566 penumpang yang berangkat dari 14 simpul transportasi utama tersebut.

“Dari masing-masing jumlah penumpang berangkat di 14 simpul transportasi tersebut, jika dibandingkan dengan hari sebelumnya, sebanyak tujuh simpul transportasi mengalami peningkatan jumlah penumpang, yaitu di Terminal Pulogebang, Kalideres, dan Tirtonadi; Daops I Kereta Api Jakarta; Bandara Soekarno Hatta, Juanda, dan Ngurah Rai. Sementara, sebanyak tujuh simpul mengalami penurunan, yaitu di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk; Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak, serta Bandara YIA,” ujarnya, Senin (10/5/2021).

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Diundang Jokowi ke KTT G20, Presiden Ukraina Tak Jamin Bisa Hadir

Presiden Zelenskyy tidak bisa menjamin bisa hadir atau tidak karena harus menyesuaikan kondisi di negaranya.  

Seusai Bertemu Jokowi, Putin Janji Takkan Ganggu Ekspor Ukraina

Melunaknya Presiden Putin itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suasana yang hangat di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022).

AS Tuding Putin Masih Bernafsu Kuasai Ukraina, Perang Bakal Lama

Amerika Serikat menuding Presiden Rusia Vladimir Putin masih ingin merebut sebagian besar wilayah Ukraina.

Order Anjlok 30%, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Perusahaan sepatu Nike yang berada di Tangerang, Banten memberhentikan ratusan pekerja karena terus mengalami penurunan order hingga 30%.

Berlangsung Hangat, Ini Hasil Pertemuan Presiden Jokowi-Putin

Putin menyanggupi untuk memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina untuk negara-negara berkembang, t

Kasus PMK Tinggi, PMI Grobogan Ajari Peternak Buat Eco Enzyme

Kasus penyakit mulut dan kuku di Grobogan mengundang kepedulian PMI Grobogan untuk mengajari peternak membuat Eco Enzyme.

Dipuji Zelenskyy, Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang ke Ukraina

Zelenskyy mengapresiasi kedatangan Jokowi dan berharap konflik Rusia-Ukraina segera berakhir.

Duh, Ratusan Karyawan Sepatu Nike Kehilangan Pekerjaan

Sebanyak 297 karyawan sepatu Nike kehilangan pekerjaan setelah masa percobaan mereka tidak diperpanjang.

Banjir Ban dari China Ancam PHK Massal di Tanah Air

Ribuan pekerja terancam terkena PHK lantaran membeludaknya produk impor ban dari China.

Menjauh dari Kebangkrutan, Garuda Indonesia Juni 2022 Laba Rp119,2 M

Kinerja PT Garuda Indonesia membaik  dan pada Juni 2022 mencatatkan laba Rp119,2 miliar.

Kuliah Umum PSHE FH UKSW Bahas Peluang dan Tantangan G20

Kuliah umum FH UKSW ini menghadirkan Duta Besar Indonesia untuk Austria Dr. (iur). Damos Dumoli Agusman, S.H., M.A. sebagai narasumber tunggal.

Indonesia Resmi Punya 37 Provinsi Baru, Ini 3 Provinsi Barunya

Indonesia resmi memiliki 37 provinsi setelah DPR RI mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) terkait tiga provinsi baru Papua atau daerah otonomi baru (DOB) Papua.

Ini 5 Kelompok Pelanggan PLN yang Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan kenaikan tarif listrik ini akan berdampak pada 2,09 juta dari total 83,1 juta pelanggan PLN.

Jalan Tersendat Gugatan Investasi Tabung Tanah

Asfa Davy Bya, pengacara Sri Sukarsi dan Marsiti, Kamis (30/6/2022), menyatakan perkara tabung tanah tersebut belum selesai.

Kenaikan Tarif Listrik Jumat Besok Hanya Berdampak pada Orang Kaya

Tarif listrik yang naik adalah untuk pelanggan berdaya 3.500 VA ke atas yang jumlahnya hanya 2,5 persen dari total pelanggan PLN. 

3 Robot R2C Karya Mahasiswa UKSW Melenggang ke KRI Tingkat Nasional

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., mengatakan dengan lolosnya 3 robot R2C ke KRI tingkat nasional adalah hasil baik yang harus diapresiasi dan disyukuri.