SOLOPOS.COM - Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Mobil Esemka (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

JAKARTA — Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan telah menerbitkan sertifikat uji tipe kendaraan bermotor untuk dua tipe mobil Esemka yaitu Rajawali untuk jenis mobil penumpang dan Bima untuk jenis pikap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan terbitnya sertifikat tersebut, maka kedua tipe mobil Esemka telah dinyatakan lulus Uji Tipe Kendaraan Bermotor oleh Kemenhub,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, Bambang Ervan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Ia memaparkan, untuk Esemka tipe Rajawali telah dikeluarkan sertifikat No SK/3897/AJ.402/DRDJ/2012 sedangkan untuk Esemka tipe Rajawali mendapat sertifikat No SK. 3896/AJ.402/DRJD/2012.

Serangkaian pengujian yang dilakukan kepada mobil Esemka antara lain uji kelaikan jalan di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) pada 19 September 2012 dan dinyatakan telah lulus pengujian kendaraan bermotor dengan mendapatkan sertifikat surat nomor 268/JTK/BTMP/09/2012.

Setelah itu, mobil Esemka Rajawali juga telah melakukan uji emisi gas buang di Balai Pengujian Laik Jalan Surat Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) pada 24 September 2012 dan dinyatakan telah lulus dengan dikeluarkannya sertifikat dengan nomor surat AJ.402/46/17/BPLJSKB/2012 yang dikeluarkan pada 8 Oktober 2012.

Sebagaimana telah diberitakan, PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) kini serius untuk mempersiapkan pembangunan pabrik mobil karya anak bangsa Indonesia, setelah purwa rupa Mobil Esemka Rajawali dinyatakan lulus uji emisi oleh Balai Thermodinamika Motor dan Propilsi (BTMP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya