SOLOPOS.COM - Ilustrasi radar bandara (JIBI/Dok)

Ilustrasi/dok

JAKARTA—Radar bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah sering mengalami gangguan. Untuk itu Kemenhub menurunkan tim khusus untuk menginvestigasi penyebab kacaunya radar Bandara tersebut.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Direktorat navigasi dari Kemenhub langsung turun ke bandara untuk melakukan koordinasi penanganan dan menyelidiki mengapa bisa terjadi,” kata Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Kemenhub Bambang S. Ervan, saat berbincang dengan detikcom, Senin (17/12/2012).

Kemenhub akan melihat bagaimana perawatan UPS yang seharusnya berfungsi saat aliran listrik ke radar padam. Hal ini penting untuk melihat apakah UPS tersebut benar-benar dirawat secara berkala, karena menyangkut keselamatan penerbangan. “Investigasi secara mendalam terkait nanti dilihat bagaimana masalah perawatan, kan ada log book-nya,” ungkapnya.

Namun Kemenhub belum tahu kapan investigasi selesai. Dalam investigasi ini Kemenhub bekerjasama dengan pihak PT Angkasa Pura II. “Dilakukan penelusuran dan memerlukan waktu,” tegasnya.

Pada Minggu (16/12/2012) radar Bandara Soekarno-Hatta mati karena terbakarnya UPS sejak pukul 16.55 WIB. Akibatnya ada 64 penerbangan tertunda. Baru setelah pukul 19.30 WIB penerbangan normal kembali. Pihak AP II pun meminta maaf atas terjadinya insiden ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya