SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG–Kementerian Pertahanan (Kemenhan) berencana akan membuka kantor perwakilan di Provinsi Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Koordinator Daerah Desk Pengendalian Pusat Kantor Pertahanan (PPKP) Jateng, Kol Inf Arief Wahyu P, mengatakan, pembukaan kantor perwakilan Kemenhan di Jateng dan DIY masih dalam tahap persiapan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Belum tahu kapan realisasi pembangunan kantor perwakilan Kemenhan di Jateng dan DIY akan dilaksanakan. Mudah-mudah bisa dilakukan pada 2014,” katanya kepada wartawan di sela lomba debat antarpelajar SMA se-Jateng dalam rangka Parade Cinta Tanah Air di Kantor Dinas Pendidikan Jateng Jl Pemuda, Kota Semarang, Jumat (2/11/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Kegiatan yang diprakarsai Kemenhan ini diikuti 11 SMA unggulan di Jateng. Lebih lanjut, Arief, menyatakan pembangunan kantor perwakilan Kemenhan yang direncanakan di Kota Semarang membutuhkan luas lahan sekitar 2 hektar. ”Pembukaan kantor perwakilan Kemenhan tak hanya di Jateng dan DIY, tapi juga diseluruh provinsi di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, pembukaan kantor perwakilan Kemenhan tahap pertama pada 2013 dilakukan di Provinsi Irian, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Pembukaan kantor perwakilan di provinsi ini, ujar Arief,  merupakan amanat Undang-Undang Nomor 3/2002 tentang Pertahanan Negara.

”Jadi sebenarnya pembukaan kantor perwakilan Kemenhan ini sudah terlambat,” tandasnya.

Mengenai tugas kantor perwakilan, Arief menjelaskan antara lain sebagai kepanjangan tangan Kemenhan di daerah. Serta sebagai jembatan penghubung antara pemerintah daerah dan pusat dalam bidang pertahanan. ”Kami nantinya juga ikut terlibat dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kabupaten/kota sampai provinsi,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya