SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

(anneahira.com)

SOLO–Sejumlah 176 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memperoleh beasiswa program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan total dana Rp 6,2 milyar.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Hal tersebut diungkapkan Kepala Humas UMS, Agus Mulyanto, ketika dijumpai Espos di ruang kerjanya, Rabu (21/12/2011).

Dia mengatakan mereka yang mendapatkan program ini sebelumnya telah mengikuti sejumlah seleksi di antaranya melalui hasil ujian akhir nasional (UAN) dan perolehan prestasi akademik/nonakademik.

Dia mengatakan dengan dana beasiswa ini mereka akan dibebaskan dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), biaya laboratorium selama 3,5 tahun-4 tahun masa pendidikan.

“Mereka yang mendapatkan program ini rata-rata memiliki piagam kejuaraan tingkat provinsi. Saat ini mereka tersebar di berbagai fakultas di antaranya Teknik, Farmasi, Ilmu Kesehatan, Hukum dan Ekonomi,” jelas dia.

Lebih lanjut diungkapkan Penatalaksana Adminstrasi Beasiswa Unggulan UMS, Daliman, program ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih cepat dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Terkait ini, mereka diwajibkan untuk memperoleh indeks prestasi (IP)  3,25 per semester.

Dia mengungkapkan terkait pelaksanaan program ini tim Kemendikbud akan melakukan monitoring terkait pencapaian prestasi mahasiswa maupun proses pengucuran dana.  “Mungkin saja beasiswa ini dicabut apabila mahasiswa tidak dapat memperoleh IP yang ditentukan, namun terkait ini kami akan mengevaluasinya,”

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya