SOLOPOS.COM - Kemendikbud Ristek merilis SKB 4 Menteri yang baru soal pembalajaran di masa pandemi. (Instagra,/@kemendikbud.ri)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengumumkan aturan terbaru soal pembalajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi. Mulai Januari 2022, sekolah bisa menerapkan PTM full hari sekolah dengan kapasitas 100% dan durasi 6 jam pelajaran per harinya.

Hal ini seiring dengan keluarnya Surat Keputusan Bersama 4 Menteri terbaru, seperti yang dilihat Solopos.com dalam akun Instagram resmi Kemendikbud Ristek, @kemendikbud.ir, Sabtu (25/12/2021). Dalam keterangan, Kemendikbud Ristek mengatakan situasi pandemi yang terkendali menumbuhkan optimisme untuk bersama pulihkan pendidikan.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Hampir dua tahun anak-anak Indonesia tidak belajar sebagaimana mestinya. “Pemulihan sangat mendesak dilakukan. SKB 4 Menteri ditetapkan melalui berbagai pertimbangan yang matang demi kemaslahatan bersama, khususnya masa depan anak-anak Indonesia,” tulis Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: Para Kepala SD di Sragen Ngebet PTM Tanpa Pembatasan

Berikut aturan terbaru soal PTM di masa pandemi:

  • Untuk Daerah dengan PPKM level 1-2, 80% pendidik dan tenaga kependidikannya telah divaksin dosis kedua dan vaksinasi lansia dosis kedua mencapai lebih dari 50%, bisa melangsungkan PTM full hari sekolah dengan kapasitas 100% dengan durasi 6 jam pelajaran.
  • Untuk daerah dengan PPKM level 1-2, 50%-79% pendidik dan tenaga kependidikannya telah divaksin dosis kedua dan vaksinasi lansia 40%-50%, bisa melaksanakan PTM full hari sekolah namun dengan kapasitas 50% siswa dengan durasi maksimal 6 jam pelajaran per hari.
  • Untuk Daerah dengan PPKM level 1-2, kurang dari 50% pendidik dan tenaga kependidikannya divaksin dosis kedua, vaksinasi lansia kurang dari 40% boleh PTM full hari sekolah namun dengan kapasitas siswa 50% dan durasi 4 jam pelajaran.
  • Daerah dengan PPKM level 3, lebih dari 40% pendidik dan tenaga kependidikannya divaksin dosis kedua, vaksinasi lansia kurang dari 10% boleh PTM full hari sekolah namun dengan kapasitas siswa 50% dan durasi 4 jam pelajaran.
  • Daerah dengan kondisi di bawah itu masih harus full pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya