SOLOPOS.COM - GEMBIRA -- Para pendukung Spanyol meluapkan kegembiraan setelah tim mereka lolos secara dramatis ke final Euro 2012 melalui adu tendangan penalti melawan Portugal. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

GEMBIRA -- Para pendukung Spanyol meluapkan kegembiraan setelah tim mereka lolos secara dramatis ke final Euro 2012 melalui adu tendangan penalti melawan Portugal. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

GNIEWINO –Sukses Spanyol melangkah ke final Euro 2012 menjadi penyejuk bagi rakyat yang tengah tertekan akibat krisis keuangan. Hal ini dinyatakan kiper sekaligus kapten La Furia Roja, Iker Casillas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Apa yang terjadi dalam hidup kadang sungguh aneh,” kata kiper yang sering dijuluki Saint Iker ini dalam wawancara dengan radio Spanyol, Cadena Ser. “Banyak hal buruk yang terjadi di negeri yang tengah dilanda krisis, jadi sepakbola bisa jadi penyejuk yang membuat orang bisa melupakan kesulitannya sebentar,” katanya. “Sepakbola sejak lama jadi sumber kegembiraaan dan kami gembira juga dengan itu. Kami harap rakyat bisa memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya karena saat seperti ini sulit terulang lagi,” ujarnya pula.

Dengan penaklukan atas Portugal, Spanyol menyamai catatan Jerman di tahun 1970-an, atau yang kala itu masih bernama Jerman Barat, sebagai tim yang sebanyak tiga kali berturutan mencapai final kejuaraan Eropa dan Piala Dunia. Saat itu Jerman memenangi kejuaraan Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974. Namun saat Euro 1976 mereka harus puas jadi runner up setelah dikalahkan Cekoslowakia di final.

Jika Spanyol mampu menenangi Euro 2012, maka mereka akan menjadi negara pertama yang dua kali berturut-turut menjadi juara Eropa dengan sekali juara dunia di antaranya.

Bagi Casillas sendiri, ambisinya mencatat rekor sebagai pemain pertama yang meraih 100 kali kemenangan pertandingan internasional gagal tercapai dalam pertandingan melawan Portugal semalam karena secara resmi pertandingan itu berakhir dengan hasil seri.

Kemenangan Spanyol dalam Euro kali ini juga akan menjadi catatan prestasi tersendiri bagi sang pelatih, Vicente del Bosque. Dia akan menjadi pelatih pertama yang meraup tiga trofi bergengsi yaitu Piala Dunia, kejuaraan Eropa dan Piala Champions. Dia jugalah yang mengantar Spanyol untuk kali pertama menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2010 lalu, serta mengantar Real Madrid menjuarai Liga Champions pada tahun 2000 dan 2002.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya