SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Kementerian Agama (Kemenag) menegosiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan DPR untuk penurunan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) sebesar $ 100 sampai $ 150 pada tahun ini. Dengan penurunan biaya itu, beban BPIH bisa ditekan menjadi $ 3.820.

Penegasan itu disampaikan Kepala Kementerian Agama Sragen, Muslim Umar saat ditemui Espos di sela-sela pemberian materi manasik haji di Kecamatan Sidoharjo, Senin (7/6). “Selain upaya negosiasis itu, Kementerian Agama juga bakal memberikan perpanjangan waktu tinggal di Mekah selama dua hari, sehingga jumlah waktu tinggal di Arab Saudi dari 39 hari menjadi 41 hari. Dari Pemerintah Arab Saudi juga memberikan kebijakan penambahan kuota jemaah hari Indonesia sebanyak 7.000 orang,” tegasnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lebih lanjut Muslim mengatakan, dengan penambahan waktu tinggal di Mekah diharapkan tidak menambah beban biaya bagi jemaah haji. Umar mengungkapkan, sejumlah jemaah haji yang antre tahun 2011 kemungkinan besar bakal diberangkatkan pada tahun 2010, lantaran adanya penambahan kuota itu.

Khusus di Kabupaten Sragen, terangnya, bakal memberangkatkan 719 orang. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya 707 orang. Menurut dia, semua jemaah haji bakal diberi materi manasik haji kali kedua, yakni di tingkat kecamatan mulai hari ini. Sedangkan manasik di tingkat kabupaten bakal dilaksanakan setelah manasik di tingkat kecamatan usai.

trh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya