SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

ilustrasi (google img)

Klaten (Solopos.com)–Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten berjanji akan turun tangan untuk mengusut dugaan adanya pungutan liar (Pungli) biaya pernikahan di Desa Jambukidul, Kecamatan Ceper.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Urusan Agama Islam Kemenag Klaten, H Wahib saat dihubungi Solopos.com, Minggu (13/11/2011), mengaku sudah menerima laporan dari warga Desa Jambukidul terkait dugaan praktik Pungli yang dilakukan oleh anak Kaur Umum Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Untuk mengetahui kebenarannya, pihaknya berjanji akan menerjunkan petugas untuk mengusutnya. Namun begitu, pihaknya meminta warga bersabar terlebih dahulu lantaran Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ceper, M Zahid saat ini masih bertugas sebagai pemandu ibadah haji di tanah suci.

“Kami pasti akan mengecek ke lapangan terkait dugaan Pungli itu. Tetapi, kami perlu berkoodinasi dengan Kepala KUA setempat. Sekarang beliau sedang bertugas memandu ibadah haji sehingga kami meminta warga bersabar dulu,” tukas Wahib.

Wahib menjelaskan, hingga kini belum ada regulasi yang mengatur tentang pelimpahan wewenang Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dengan alasan sakit. Menurutnya, biasanya pelimpahan wewenang P3N dilakukan bila yang bersangkutan pensiun atau meninggal dunia. Dia mengakui, untuk merekrut P3N yang baru harus mendapat rekomendasi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag.

”Rekomendasi dari Bimas Islam itu untuk perekrutan P3N baru. Kalau untuk pelimpahan wewenang dengan alasan sakit memang tidak ada yang mengatur. Kami belum tahu apakah itu dibolehkan atau tidak. Tetapi, mestinya hal itu dikoordinasikan dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa-red),” papar Wahib.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya