SOLOPOS.COM - Kelompok gamelan Siswa Sukra asal Southbank Centre, London, Inggris, unjuk kebolehan memainkan gamelan pada acara Gamelan Pulang Kampung di Pendapa Ageng, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Senin (21/8/2017) malam. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia atau ISI Solo menggandeng Yayasan Lintas Cakrawala Raya untuk pengembangan seni budaya Nusantara.

Rektor ISI Solo Solo beserta jajaran menerima kunjungan ketua Yayasan Lintas Cakrawala Raya Danis Sugianto di Ruang Rapat II Rektorat ISI Solo, Jumat (7/1/2021). Dalam pertemuan tersebut disampaikan sejumlah agenda yang akan dilakukan sesuai dengan nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Danis menyatakan kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat seni budaya Nusantara di kancah dunia global. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh keduabelah pihak.

Baca Juga: Jadi Guru Besar, Eks Rektor ISI Solo Soroti Fenomena Seni Retro

Lewat kerja sama ini diharapkan terjalinnya pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan pertukaran informasi antara perguruan tinggi dan lembaga terkait dalam pelaksanaan upaya pengembangan seni budaya Nusantara dan peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan dan kebudayaan.

Sasaran dari Program Pengembangan Seni Budaya Nusantara dan Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan Kebudayaan ini ditujukan untuk peningkatan kepedulian dan peran serta lembaga pendidikan formal dan informal beserta seluruh civitas akademika.

Selain itu juga menggandeng organisasi profesi, organisasi sosial, dan masyarakat untuk meningkatkan pengembangan keilmuan dan keahlian seni serta promosi seni dalam dunia pendidikan dan seni budaya.

Baca Juga: Gamelan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia, Usulannya dari Solo Lho

Kerja sama ini juga bisa pengembangan khususnya program Hubungan Internasional, Riset, Kompetensi Berbasis Industri, Seni Pertunjukan, Film, Penulisan Ilmiah, dan Pengembangan Kurikulum Berbasis Industri.

Rektor ISI Solo Dr. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum menyambut baik kerja sama dengan Yayasan Lintas Cakrawala Raya ini. Selama ini yayasan ini telah membuat berbagai kegiatan dengan ISI Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya