SOLOPOS.COM - Panen raya kedelai lokal yang ditanam Ponpes KMI-BQ Slogohimo di Kopen, Jatipurno, Wonogiri, Kamis (26/1/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Pondok Pesantren atau Ponpes Kulliatul Muallimin Baitul Qur’an (KMI-BQ) di Slogohimo, Wonogiri, mendapatkan bantuan senilai hampir Rp300 juta dari Bank Indonesia (BI) Kantor Cabang Solo.

Bantuan disalurkan dalam bentuk benih, pupuk, dan alat-alat produksi dan pembuatan rumah produksi untuk pengembangan model bisnis usaha syariah sektor makanan olahan kedelai lokal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pengembangan bisnis ini, Ponpes KMI-BQ mendapatkan pendampingan budidaya kedelai dari hulu sampai ke hilis dari BI dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Berdasarkan keterangan pers tertulis yang diterima Solopos.com, Ponpes KMI-BQ telah melaksanakan panenraya kedelai lokal yang ditanam di lahan sekitar 2 hektare di Desa Kopen, Kecamatan Jatipurno, Wonogiri, Kamis (26/1/2023).

Seremonial panen raya itu dilakukan oleh Dekan dan mahasiswa FTP UGM, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri Baroto Eko Pujanto, pengasuh Ponpes KMI-BQ Slamet Husaini dan para santri. Hadir pula pimpinan Koperasi Marta Wonogiri Dwi Atmanto dan Kades Kopen Sarto.

Dekan FTP UGM, Eni Harmayani, berharap panen raya kedelai lokal itu menjadi pilot pengembangan model bisnis usaha syariah sektor makanan olahan kedelai lokal. Eni, seperti dikutip dalam keterangan pers tersebut menceritakan dulu kedelai impor lebih murah dibandingkan kedelai lokal.

Hal itu membuat petani tidak tertarik menanam kedelai. “Sekarang harga bersaing. Petani mulai tertarik menanam,” ujar Eni.

Eni menambahkan percontohan ini diharapkan dapat berhembang pesat sehingga menguntungkan kelompok petani dan masyarakat. Pembinaan para pengasuh dan santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren atau Ponpes Kulliatul Muallimin Baitul Qur’an di Slogohimo, Wonogiri, telah dimulai pada September 2022 lalu.

Dalam hal ini, Bank Indonesia melalui Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah menggandeng Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya