Kembali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Merapi Berstatus Waspada
Gunung Merapi terpantau erupsi pada Jumat 10 April 2020 pagi WIB. (Istimewa/Twitter/BPPTKG)

Solopos.com, SOLO - Gunung Merapi kembali erupsi Jumat (10/4/2020) pagi sekitar jam 09.10 WIB. Ini menjadi kesekian kali Merapi erupsi pada awal bulan ini setelah pada pekan lalu Merapi memuntahkan abu vulkanis sebanyak lima kali.

Video Detik-Detik Gunung Merapi Meletus 2 April 2020

Dilaporkan BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) erupsi Gunung Merapi pagi ini tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi 103 detik. Tinggi kolom erupsi kurang lebih 3.000 meter dari puncak.

Saat erupsi Merapi terjadi, arah angin ke Barat Laut. Saat ini, aktivitas Merapi ditetapkan berstatus Waspada atau Level II.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang & jangan panik," tulis BPPTKG di akun Twitternya sebagaimana dikutip Solopos.com. "Jarak bahaya dlm radius 3 km dari puncak."

Hujan Abu Guyur 2 Desa di Lereng Merapi Klaten Seusai Erupsi 2 April

Selain Erupsi Merapi Jumat Pagi

Informasi yang diterima Solopos.com, sejumlah kawasan seperti Desa Jrakah, Selo, Boyolali, pagi ini terdampak hujan abu erupsi Merapi Jumat pagi. Beberapa akun di media sosial melaporkan erupsi Merapi teramati dari sejumlah tempat seperti Samiran, Boyolali hingga Wonolelo, Sawangan, Magelang.

Gunung Merapi Erupsi 5 Kali Dalam Sepekan, Ini Kata BPPTKG Yogyakarta

Gunung Merapi mengalami erupsi sebanyak lima kali dalam sepekan terakhir pekan lalu. Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida, menjelaskan Gunung Merapi memasuki fase intrusi atau suplai magma dari dapur magma dalam.

Menurut Hanik, aktivitas erupsi pada Kamis pekan ini maupun Jumat dan Sabtu pekan lalu merupakan rangkaian aktivitas Gunung Merapi yang sudah berlangsung sejak Mei 2018.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho