SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Toilet JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Foto Ilustrasi Toilet
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

GUNUNGKIDUL-Jelang musim kemarau Mei mendatang, masyarakat diminta waspada terhadap berbagai penyakit yang muncul. Diantaranya adalah penyakit diare dan radang pada selaput mata (konjungtivitis).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, diare biasanya banyak ditemukan di wilayah-wilayah yang sulit memperoleh air bersih. Beberapa puskesmas sudah diintruksikan untuk terus memantau kondisi di masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Petugas kesehatan keliling terus mantau. Disamping itu jika sudah ada indikasi masyarakat supaya lapor ke puskesmas,” katanya, Jumat (19/4).

Dewi menjelaskan, penyakit diare yang menyerang usus akan menular melakui kontak fisik, atau pemakaian barang secara bersamaan.

Sementara gejalanya, feses berbentuk cair, mual, muntah, kram perut, demam, nyeri otot, serta sakit kepala. Gejala-gejala tersebut muncul satu sampai dua hari setelah terpapar virus.

Untuk mengatasinya, kata Dewi, bisa memperbanyak konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh. Sebab, diare biasanya banyak mengeluarkan cairan sehingga perlu ada cairan pengganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya