SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN–Memasuki musim kemarau permintaan ikan konsumsi dan benih ikan di sentra pasar ikan Mlati mengalami penurunan. Saat ini penjualan rata rata hanya sekitar 15 kilogram per hari. Anjlok dibandingkan saat musim penghujan yang mencapai rata-rata setengah kuintal per hari.

Budi Purwanto, 34, petani ikan di sentra ikan Ngentak, Sumberadi, Mlati menyebutkan, pembeli menurun karena tidak semua daerah di Sleman ketersediaan airnya ajeg. Banyak daerah yang air sungainya kering.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibatnya pasokan air ke kolam ikan menurun. “Kalau yang daerah dekat Selokan Mataram mungkin tidak masalah. Tapi pemilik kolam yang jauh dari Selokan Mataram mungkin agak bermasalah,” ujar dia, Kamis (23/6).

Di sentra ikan Ngentak, bawal dijual Rp12.000 per kilogram sementara bibit bawal Rp17.000 per kilogram. Jenis nila konsumsi dijual Rp 15.000 per kilogram sedangkan harga bibit Rp18.000 per kilogram. (Harian Jogja/Sumadiyono)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya