SOLOPOS.COM - Loga Pramuka (wikipedia.org)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 100 anggota pramuka penggalang di Kabupaten Karanganyar akan mengikuti Kemah Bela Negara (KBN) pada Selasa-Rabu (28-29/9/2021) di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasari Kompleks Delingan.

Namun kali ini KBN digelar secara luring (tatap muka) meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Andalan Humas Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Jumadi, mengatakan 100 anggota pramuka penggalang ini akan digembleng terkait jiwa nasionalisme untuk meningkatkan patriotisme dan cinta tanah air.

Baca juga: P4GN Karanganyar Peringati Hari Karang Taruna

Selain itu, untuk menggali atau mengasah keterampilan kepramukaan demi mewujudkan gerakan pramuka yang berkarakter.

“Kegiatan akan dilaksanakan secara luring. Dari 100 orang peserta kita bagi dua, yaitu 50 orang pada Selasa (28/9/2021) dan 50 orang pada Rabu (29/9/2021). Kegiatan dilaksanakan di Bumi Perkemahan meski tanpa kemah dimulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB. Hari ini [Senin] kegiatan dibuka dengan melalui zoom meeting,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Senin (27/9/2021).

Wawasan Kebangsaan

Dia mengatakan KBN nanti akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti menjaga jarak dan tidak berkerumun. Para peserta akan menerima materi pertahanan diri (survival), peraturan baris berbaris (PBB), maupun wawasan kebangsaan secara langsung.

Baca juga: Banyak Hajatan di Karanganyar Melanggar Prokes

Kegiatan tersebut akan diisi oleh anggota Kodim 0727/Karanganyar. Pihaknya berharap meski pelaksanaan kemah bela negara digelar secara luring terbatas, namun tidak menyurutkan peserta untuk tetap mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Masa pandemi ini memang sulit bagi kita semua. Namun, ini menjadi pembelajaran penting, dan kita harapkan agar peserta juga bisa memahami dan tetap semangat untuk bisa menjalani kegiatan Kemah Bela Negara,” tuturnya.

Baca juga: Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya